Tak Tahu Informasi, Pendaki Gunung Panderman Banyak yang Balik Kucing

Sejumlah pendaki Gunung Panderman batal naik

KOTA BATU – Kebakaran yang menimpa Gunung Panderman sejak semalam ternyata banyak tidak diketahui oleh pendaki. Menurut pantauan radarmalang.id setidaknya ada 3 sampai 4 rombongan yang hendak mendaki terpaksa mengurungkan niatnya untuk mendaki Gunung Panderman.

“Kami tidak tahu kalau ternyata ada kebakaran hutan,” jelas Muhammad Zulhan warga Surabaya kepada radarmalang.id. Ia mengungkapkan begitu kecewa atas terjadinya peristiwa tersebut sehingga tujuan untuk menaklukkan Gunung Panderman harus kandas begitu saja.

Hal senada diungkapkan oleh Diah Ayu warga Yogyakarta yang nampak begitu kecewa ketika mendapatkan instruksi di pos pantau untuk tidak melanjutkan perjalanan karena adanya kebakaran. “Tentu kecewa. Kita sudah ambil cuti demi ke sini namun tidak ada hasil apapun,” jelasnya.

Ayu juga mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut menurut terkaannya adalah akibat dari pendaki yang tidak bertanggung jawab. “Soalnya bagi pendaki sendiri itu merupakan hal fatal namun sering terjadi. Dulu saja di Gunung Merbabu kami sempat bertengkar dengan rombongan lain karena ada api unggun yang lupa dimatikan oleh rombongan lain,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan kebakaran ini bisa segera padam sehingga tidak semakin banyak mengecewakan pendaki lainya.

Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Choirul Anwar