Tak Silau Rekor Tamu

KOTA MALANG – Melawan tim yang belum pernah kalah selama empat pertandingan di Liga 1 2019, tentu saja bukan perkara mudah bagi Arema FC. Tim tamu yang akan dihadapi juga belum pernah kalah saat bermain di Stadion Kanjuruhan maupun Stadion Gajayana. Ya, itulah PS TIRA-Persikabo yang bakal menjadi lawan Arema FC di Stadion Gajayana Sabtu (29/6).

Tim asuhan Rahmad Darmawan (RD) itu punya rekor yang cukup gemilang di awal kompetisi tahun ini. Mulai menang 3-0 dari Perseru Badak Lampung, seri 0-0 dari PSM Makassar, seri 1-1 dari Persib Bandung, dan menang 2-1 atas Persipura Jayapura. Saat bermain di kandang Arema dua tahun terakhir, PS TIRA selalu bisa mencuri poin. Seri 1-1 di Liga 1 2017 dan 2-2 di Liga 1 2018.

Pelatih Arema FC Milomir Seslija tentu tidak terlalu memedulikan rekor itu. Bagi dia, pertandingan yang akan berlangsung lusa itu jauh berbeda dari dua tahun sebelumnya. ”Itu adalah catatan masa lalu yang harus dipatahkan,” kata pelatih berkewarganegaraan Bosnia Herzegovina itu. Para pemain, Milo menjelaskan, pasti tahu kondisi tersebut.

”Mereka (Hamka Hamzah dkk) pasti akan termotivasi lebih,” lanjut Milo.

Meski dua musim lalu, belum pernah kalah, tapi Milo punya catatan apik saat menukangi Arema di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Saat itu, Singo Edan menang 2-1 saat tim tersebut masih bernama PS TNI. Meski hasil tersebut tidak menjadi patokannya dalam laga ini. ”Dalam sepak bola rekor itu biasa saja, tidak perlu dijadikan beban,” ungkap mantan pelatih Persiba Balikpapan dan Madura United itu.



Yang penting bagi dia adalah pertandingan Sabtu (29/6). Sebab, semua skuad saat ini sama-sama berbeda. Arema dengan materi pemain yang berbeda, begitu juga dengan PS TIRA. ”Kami fokus untuk tim kami saja,” kata Milo.

Antisipasi meredam kekuatam PS TIRA juga sudah disiapkan. Beberapa kali latihan, pelatih berusia 54 tahun tersebut menjajal berbagai kombinasi bermain. Usaha positif tersebut didukung dengan kembalinya pemain yang sebelumnya membela tim nasional (timnas), seperti Dedik Setiawan, M. Rafli, dan Hanif Sjahbandi.

Arema juga bakal bermain di hadapan suporter sendiri. Atmosfer ini pasti akan melipatgandakan semangat Hamka Hamzah dkk. Terlebih penggawa Singo Edan juga harus mengganti enam poin yang hilang setelah kalah 1-3 dari PSS Sleman dan 0-2 dari Borneo FC. ”Kami harus bermain kompak untuk bisa menang,” pungkas Milo.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : DWI lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib
Fotografer :Darmono