Tak Sanggup Bayar Upah Karyawan Sesuai UMK ? Ini Cara yang Bisa Dilakukan Perusahaan

KABUPATEN – UMK (upah minimum kota/kabupaten) Kabupaten Malang sudah ditetapkan mengalami kenaikan di tahun 2020 mendatang. Dari Rp 2.781.564 menjadi Rp 3.018.275.

Bagi perusahaan atau pihak pemberi kerja, naiknya UMK otomatis membuat biaya operasional naik. Itu bila mereka melaksanakan UMK.

Kenyataannya selama ini, banyak perusahaan yang tidak melaksanakan UMK.

Namun, hingga Jumat (6/12), Disnaker Kabupaten Malang mengaku belum ada perusahaan yang mengajukan penangguhan pelaksanaan UMK.

“Jika ada perusahaan yang hendak mengajukan penangguhan, sebaiknya dilakukan bulan ini,” urai Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnaker Kabupaten Malang, Achmad Rukmiyanto, Jumat, (6/12).

Ia mengingatkan jangan sampai perusahaan lepas tangan terkait kenaikan UMK ini. Disnaker mau perusahaan bisa sharing kendala jika mereka memang tak sanggup menggaji sesuai UMK.

“Tapi sampai saat ini masih belum ada. Padahal pengajuan keberatan itu maksimal sepuluh hari sebelum diberlakukannya UMK,” tegas pria yang akrab disapa Totok ini.

Totok mengatakan pengajuan penangguhan ini bisa dikirimkan langsung ke Disnakertrans Provinsi Jawa Timur atau bisa juga dikirimkan kepada Disnaker Kabupaten Malang.

“Baru kemudian pihak kami (Disnaker Kabupaten Malang) yang akan mengirimkan ke Surabaya,” tukasnya. Setelah semua tata cara usai, maka akan keluar surat keputusan dari Disnakertrans Provinsi Jawa Timur yang ditanda tangani oleh Gubernur Jatim.

Disnaker diakui Totok tak kurang-kurang terus lakukan sosialisasi UMK 2020. Terbaru, Rabu (4/12) lalu, instansi yang dikomandoi Drs Yoyok Wardoyo ini menggelar salah satunya di kampus di Kota Malang.

Puluhan perusahaan diundang untuk mengikuti sosialisasi ini. Tidak hanya dari perusahaan, ketua serikat buruh juga turut diundang.

“Dalam kegiatan ini tidak hanya untuk menyampaikan informasi soal UMK saja, tapi yang penting bisa jadi ajang untuk sharing dan diskusi terkait kendala,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Disnaker Kabupaten Malang
Editor : Indra M