Tak Kuat Nanjak, Truk Robohkan Tiang Listrik

Para pengemudi, harusnya tahu batasan muatan yang diangkut. Jangan sampai, kendaraan melebihi muatan lalu tidak kuat nanjak, mundur yang bisa membahayakan orang lain. Seperti kejadian, di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Rabu malam lalu (26/4). Truk dengan muatan sayur penuh, tidak kuat menanjak dan mundur. Truk pun langsung menghantam tiang listrik sampai roboh.

KOTA BATU – Para pengemudi, harusnya tahu batasan muatan yang diangkut. Jangan sampai, kendaraan melebihi muatan lalu tidak kuat nanjak, mundur yang bisa membahayakan orang lain. Seperti kejadian, di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Rabu malam lalu (26/4). Truk dengan muatan sayur penuh, tidak kuat menanjak dan mundur. Truk pun langsung menghantam tiang listrik sampai roboh.

Sunarsih salah satu saksi di lokasi menceritakan, kejadian itu berlangsung sekitar pukul 20.00. “Truk ngangkut wortel, mau ke Dusun Gundu, namun pas di jalan ini kan naik, tidak kuat lalu mundur,” kata, wanita npenjual bakso di dekat lokasi tersebut. Sebelumnya, truk sempat melaju biasa saja. Namun, pas dilokasi, karena diperkirakan terlambat oper perseneling truk tidak kuat menanjak.

Lokasi jalan tersebut, menanjak cukup tinggi dan menikung. “Supirnya dari Wajak atau mana begitu, dari Kabupaten Malang pokoknya,” kata dia. Supir, lanjut Sunarsih, sebelumnya sempat minta tolong kendaraan yang dikemudikan itu untuk diganjal. “Dia minta tolong orang tua, ya orang tuanya tidak tahu. Terus, mundur nabrak tiang listrik itu sampai roboh,” kata dia.

Bawah tiang itu pun patah menjadi beberapa bagian. “Suaranya keras, saya sampai kaget. Untungnya tidak ada orang, padahal biasanya banyak orang yang lewat,” kata dia. Bukannya, berhenti dan bertanggungjawab, supir truk itu malah langsung tancam gas. “Tidak tahu, pas sudah nabrak it uterus truknya jalan lagi, ya dikejas warga akhirnya untuk dimintai tanggungjawab,” kata Sunarsih.

Kondisi tiang listrik, kini sementara ditahan menggunakan bambu agar tidak roboh. “Semalam juga sempat mati listrik setengah jam,”  tukas  dia. Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD kota Batu Achmad Choirur Rochim menambahkan, robohnya tiang listrik itu sudah dilaporkan. “Sudah dilaporkan, ke PLN untuk penanganan langsung nanti dari PLN,” singkatnya saat dihubungi.



Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Ahmad Yani
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono