Tak Ingin Rambut Rontok, 6 Hal Ini Wajib Diketahui Pria

Tak Ingin Rambut Rontok, 6 Hal Ini Wajib Diketahui Pria

Dilansir dari Mensfitness, Sabtu (23/2), selain faktor genetik, faktor lain yang mempengaruhi kerontokan adalah gaya hidup dan kurangnya nutrisi. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan kerusakan dan memperlambat pertumbuhan kembali rambut baru.

Kerusakan rambut bisa diatasi dengan pola makan dan diet yang tepat. Len Glassman, seorang Ahli Nutrisi, membeberkan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga rambut tetap sehat.

1. Vitamin A
Asupan vitamin A yang cukup merupakan kunci untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan sel jaringan di seluruh tubuh, termasuk rambut dan kulit kepala. Vitamin A dapat diperoleh dari sumber nabati dan hewani. Sumber nabati sehat meliputi buah merah, kuning, dan oranye, dan sayuran seperti wortel, serta beberapa sayuran hijau. Beberapa sumber hewani yang mengandung vitamin A meliputi hati, minyak ikan, telur, dan susu.

2. Vitamin B6, vitamin B12, dan asam folat
Ketiga vitamin B ini penting untuk pembentukan hemoglobin normal, yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan di tubuh, termasuk rambut. Rambut kuat bergantung pada suplai darah dan oksigen yang konstan. Kekurangan vitamin B ini akan memotong suplai darah ke rambut sehingga menyebabkan kerontokan dan pertumbuhan yang lambat.

Sumber terbaik vitamin B6 dan B12 adalah makanan kaya protein seperti daging, ayam, ikan, telur, dan kedelai. Sumber nabati adalah sayuran hijau, jus jeruk, alpukat, bit, brokoli, bibit gandum, dan beberapa sereal.

3. Vitamin C
Vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen, jaringan yang memberi struktur di tubuh, seperti rambut. Pastikan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C setiap hari. Sumber vitamin C terbaik ditemukan di sumber tanaman seperti jeruk, buah beri, melon, paprika, sayuran berdaun hijau gelap, dan tomat.

4. Zat besi
Ketombe dan rambut rontok adalah kedua kondisi yang terkait dengan defisiensi zinc. Zat besi adalah mineral yang mempromosikan reproduksi sel, pertumbuhan jaringan, dan perbaikan. Seng juga berfungsi dalam pemeliharaan kelenjar pengatur minyak yang menempel pada folikel rambut. Sumber seng yang baik terdapat pada makanan yang berasal dari hewan, termasuk makanan laut, unggas, kerang, udang, dan tiram.

Selain itu telur dan susu juga memasok seng tetapi dalam jumlah yang lebih kecil. Produk biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan kacang polong mengandung seng, namun dalam bentuk yang tidak mudah diserap tubuh.

5. Protein
Mengonsumsi makanan kaya protein akan mempertahankan pertumbuhan yang sehat. Tanpa asupan protein yang memadai, tubuh tidak bisa secara efisien membuat rambut sehat.

Konsumsi makanan dengan protein seperti ikan (yang memiliki banyak manfaat kesehatan selain hanya menjaga rambut), ayam, produk kedelai, keju rendah lemak, telur, kacang almond, kacang, dan yogurt.

6. Air
Hidrasi yang tepat merupakan faktor kunci untuk rambut sehat dan kesehatan tubuh yang baik. Setiap sel dan setiap sistem di tubuh membutuhkan air. Untuk itu perbanyak minum. Perhatikan bahwa penurunan berat badan yang cepat adalah alasan lain untuk mempercepat rambut rontok.


(fid/JPC)