Tak Hanya Keahlian, Mahasiswa ITN Malang Juga Lulus Dengan Bekal Pendidikan Berkarakter

MALANG – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang patut berbangga. Pasalanya gelaran wisuda ke-61 tersebut berlangsung khidmat, pada Sabtu (9/3). Sebanyak 303 mahasiswa telah dikukuhkan menjadi wisudawan maupun wisudawati.

Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Kustamar, MT mengatakan, mahasiswa ITN diyakini akan menjadi lulusan yang berkompeten saat masuk ke dunia kerja.

Pasalnya, banyak nilai yang diajarkan. Antara lain, toleransi melalui dibangunnya tiga tempat ibadah seperti pura, gereja dan masjid secara berdekatan.

“Kita tak hanya fokus kepada keahlian yang diberikan kepada mahasiswa. Tapi juga pembentukan karakter,” katanya.

Apalagi, pihaknya juga tekah merencanakan akan membuat program sarjana terapan. Hal ini, sesuai dengan rancangan Kemenristekdikti sebagai kontribusi terhadap bonus demografi penduduk.



“Masyarakan yang ingin menguliahkan putra dan putrinya untuk sarjana terapan. ITN Malang siap di jurusan teknik elektro, mesin dan industri,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan orang tua wisudawan, Siti Musyafaroh mengatakan, dia sangat berbahagia anaknya bisa lulus dan menjadi bagian dari ITN Malang.

“Saya hanya ingin anak-anak bisa menerapkan keilmuan yang didapatkan selama duduk di bangku kuliahnya, jadi tak sia-sia,” harapnya dengan suara bergetar.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : Feni Yusnia