Tak Dipilih jadi Menteri Lagi, Budi Karya Mau Jualan Pempek?

JawaPos.com – Budi Karya Sumadi diprediksi bakal kembali dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Perhubungan pada Kabinet Kerja Jilid II mendatang. Namun hingga detik ini, Budi Karya mengaku belum ada ‘sinyal’ terkait kemungkinan itu.

Budi Karya Sumadi menjabat sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 Juli 2017 menggantikan Ignasis Jonan. Sebelum itu, ia memimpin BUMN PT Angkasa Pura II (Persero).

“Belum, belum ada telepon dari Presiden Jokowi. Kita serdadu, siap kapan pun,” kata Budi Karya kepada wartawan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

Mantan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) itu menambahkan, akan kembali ke dunia bisnis jika tidak lagi terpilih menjadi menteri. Pilihannya, menggeluti bisnis properti, konsultan, atau berjualan pempek.

“Saya kan orang swasta, bisa jualan pempek, membangun properti, atau bisa juga jadi konsultan. Banyak lah yang bisa dilakukan ke depan,” seloroh pria asal Palembang ini.

Sebelumnya, pengamat politik Hendri Satrio menilai sejumlah menteri di Kabinet Kerja jilid I berpotensi kembali dipilih Jokowi pada periode kedua pemerintahannya. Mereka antara lain Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Susi Pudjiastuti asyik tuh kalau masuk, karena people champion. Sri Mulyani (Menteri Keuangan) ya 50:50 lah,” katanya.