Tak Cuma Parade Bunga, MFC 2019 Juga Diwarnai Lomba Merangkai Bunga

KOTA MALANG – Selain ratusan kostum bertema bunga yang dilombakan, Malang Flower Carnival 2019 ini juga punya hajatan lain, yakni lomba merangkai bunga, Minggu (15/6) di sebelah panggung utama MFC 2019.

Total 26 peserta lomba yang didominasi ibu rumah tangga ini nampak serius dan asyik merangkai bunga.

Bunga-bunga yang dirangkai para peserta terlihat memiliki desain beragam, namun memiliki tema yang sama, menunjukkan nilai budaya nusantara.

Seperti salah satu peserta Kuswanti. Dikatakannya, ia memakai hiasan wayang Rama dan Shinta untuk memperindah rangkaian bunganya.

“Ya kan itu lambang cinta. Jadi biar semakin indah saja bunga ini. Apalagi ini kan wayang juga ya jadi ciri khas Indonesia-nya tidak ketinggalan,” ujar ibu rumah tangga itu.



Hiasan wayang dari rangkaian bunga Kuswanti ini memang sejalan dengan tujuan lomba ini.

Ketua Panitia Lomba Merangkai Bunga,
Elahni Yuliastina berujar, pihaknya memang ingin peserta untuk menambahkan ornamen budaya Indonesia di setiap karyanya.

“Banyak sekali hiasan bunga yang bagus. Tapi jarang yang ada ornamen budaya nusantaranya. Maka kita nilai itu hiasan-hiasan yang menunjukan kearifan lokal,” tutur Elahni.

Ia juga menambahkan, karena menggunakan hiasan kearifan lokal itu, Elahni berharap bakal muncul lapangan pekerja baru dalam hal bisnis jual beli rangkai bunga.

“Kan ini terbilang baru ya rangkaian bunga disandingkan dengan hiasan kearifan nusantara. Jadi saya berharap ibu-ibu rumah tangga ini bisa melihat peluang bisnis di sini dan mulai buka usaha,” ujarnya.

Sebagai informasi, Lomba Rangkai Bunga yang diselenggarakan oleh Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Malang ini bakal memunculkan 4 pemenang.

“Ada juara 1, 2, 3 dan favorite mereka kita nilai dari kerapihan, gradasi warna bunga dan hiasan bunganya. Apa menunjukan kearifan lonal atau tidak,” imbuh ketua IPBI Cabang Malang, Louise R. Patty.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia