Tak Berlebihan, 5 Jenis Skin Care dan Kosmetik Untuk Remaja ke Sekolah

JawaPos.com – Remaja yang sedang tumbuh menuju dewasa biasanya memasuki masa pubertas. Pada masa ini, remaja lebih senang berdandan dan sudah mulai tertarik pada lawan jenis. Karena itu, tak ada salahnya siswi remaja memakai make-up dengan menggunakan produk skin care dan kosmetik ke sekolah.

Tak hanya sekadar cantik, menggunakan skin care dan kosmetik ke sekolah sebenarnya diperlukan untuk perlindungan kulit. Terlebih di tengah teriknya matahari.

Agar tidak dimarahi guru dan masih bersifat sewajarnya, sebaiknya jenis make-up yang digunakan hanya sewajarnya saja. Sebab tugas utama pelajar adalah belajar atau fokus pada pendidikan.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Hafiza Fikri Fadel Sp.KK dalam acara peluncuran produk Wardah Renew You Series, Rabu (17/7), menjelaskan sebelum memilih produk skin care atau make-up, remaja juga disarankan untuk mengetahui jenis kulitnya. Apalagi kulit remaja masih sensitif dan rentan jerawat.

“Untuk remaja sebenarnya kembali ya aware dengan external faktor lingkungan seperti apa. Lalu sebelum menentukan make-up atau skin care, harus mengenali kulit kita dulu. Apakah berminyak, kering, atau normal. Karena remaja lebih rentan dan kulitnya sedang tumbuh menuju fungsi yang sempurna,” kata dr. Hafiza.

Maka menurutnya, boleh-boleh saja remaja menggunakan make-up ke sekolah. Apa saja yang boleh dipakai?

1. Tabir Surya

Remaja juga penting mengenakan tabir surya atau SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV. Sehingga tak akan terjadi penuaan dini lebih cepat. Remaja akan menjalani aktivitas padat di sekolah di atas pukul 10.00 pagi hingha menuju sore dengan sifat sinar UV yang merusak kulit.

Remaja juga perlu menggunakan tabir surya ke sekolah agar kulitnya terlindungi dari sinar UV. (Shutterstock)

“Remaja penting pakai SPF sebab UV ada efek buruknya. UV di atas jam 10.00 itu biasanya jenis merusak. Paparan UV bisa sebabkan kematian sel, kerusakan DNA, dan pembentukan radikal bebas. Nanti bisa terjadi penuaan lebih cepat,” tegasnya.

2. Bedak

Sejak remaja, bedak sudah boleh digunakan agar wajah menjadi lebih segar ke sekolah. Menurut dr. Hafiza, bedak yang dipilih harus memiliki kandungan yang lebih ringan bagi wajah. Sehingga tidak terlalu berlebihan dan tak terlalu tebal di wajah.

“Sesuaikan bedak dengan umur remaja. Yang ringan bahan aktifnya enggak berat juga. Agar tidak terlihat berlebihan, pakainya tipis-tipis saja,” jelas dr. Hafiza.

Ilustrasi penggunaan bedak tabur. Gunakan bedak tabur dengan warna yang natural. (Avoskin Beauty)

3. Lipbalm

Lipbalm atau pelembab bibir juga perlu digunakan sejak remaja. Sehingga bibir akan terlindungi atau tidak rusak dan pecah-pecah.

“Intinya saat remaja, make-up yang digunakan ke sekolah sifatnya hanya melindungi. Sehingga tidak terlihat menor atau berlebihan,” paparnya.

4. BB Cream

Senada dengan dr. Hafiza, Profesional Make-Up Artist Genevieve Candy menjelaskan make-up yang digunakan remaja atau dewasa muda ke sekolah dan kampus lebih baik tipis-tipis saja. Boleh juga untuk menggunakan BB Cream untuk mencegah kulit dari radikal bebas.

“Antioksidan BB Cream membantu melindungi kulit terhadap radikal bebas dan kerusakan dari polusi. BB cream sangat cocok digunakan sehari-hari karena hasilnya sangat alami seperti tidak memakai apapun tapi mampu menutup kekurangan wajah dengan baik,” kata Candy.

5. CC Cream

Selain BB Cream, CC Cream juga boleh digunakan remaja ke sekolah atau ke kampus. CC cream bisa menyamarkan perbedaan warna kulit pada wajah, kemerahan dan memberikan nutrisi vitamin C agar wajah tampak bercahaya.

“Asalkan saat ke kampus atau ke sekolah enggak terlalu menor, pakai yang tipis-tipis saja untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan sejak dini,” tegasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani