Tak Berhenti Kagum dengan ‘Frozen 2’? Intip Fakta-fakta di Baliknya!

RADARMALANGID – Tak hanya digandrungi oleh anak-anak yang menggemari si kakak beradik Elsa dan Anna, film ‘Frozen 2’ kini juga menjadi favorit remaja, hingga orang dewasa. Cerita dan karakter yang lebih “dewasa” menjadi salah satu daya tarik film besutan Disney ini.

Bahkan, angka penonton ‘Frozen 2’ hingga kini masih terus bertambah dan telah menyentuh keuntungan USD 120juta di minggu-minggu perayaan Thanksgiving, berdasarkan laporan CNN Business (4/12). Di balik kesuksesan tersebut, banyak fakta-fakta menarik dalam proses pembuatannya lho. Seperti dirangkum Zetizen.id dari Buzzfeed dan ScreenRant (1/12) berikut. Siap-siap, fakta tersebut dapat membuatmu semakin kagum dengan filmnya!

1. Riset Hingga Ke Norway, Finlandia, dan Islandia

Sutradara dan produser ‘Frozen 2’ melakukan perjalanan ke Norway, Finlandia, dan Islandia dalam rangka meriset dan mencari inspirasi untuk film tersebut. Temuan-temuan tersebut lah yang memperkuat pendefinisian karakter Anna yang banyak dipengaruhi oleh kultur Norwegian dan Elsa yang dipengaruhi oleh kultur Islandia.

2. Animator Mengembangkan Animasi Kuda Nokk Selama 6 Bulan

Roh air berbentuk kuda yang di dalam film menjadi ‘kendaraan’ Elsa ternyata membutuhkan proses yang panjang dan menguras tenaga. Kuda bernama Nokk tersebut dikembangkan selama 6 bulan oleh hampir setengah lusin animator. Untuk mendapatkan animasi yang akurat, para animator bahkan mempelajari anatomi, daya penggerak, dan gerakan 4 kali lipat yang dimiliki kuda.

3. Ada 122 Pilihan Busana untuk Anna yang Mulanya Didesain untuk Elsa

Kostum Elsa dan Anna menjadi salah satu yang paling menakjubkan dari segi aspek visual. Di ‘Frozen 2’, Visual Development Artist-nya bahkan mempertimbangkan 122 pilihan kostum untuk Anna yang sebenarnya dirancang untuk Elsa. Tentunya, desain tersebut telah diubah warnanya karena perbedaan tone dari kedua karakter, Elsa yang selalu mengenakan warna cool dan Anna yang cenderung khas dengan warna warm.

4. Desainer Kostum ‘Frozen 2’ adalah Orang Indonesia

Salah satu kebanggaaan melihat karya anak bangsa dapat dinikmati oleh jutaan orang. Ialah Griselda Sastrawinata-Lemay, Visual Development Artist yang bekerja untuk Studio Disney. Lulusan Art Center College of Design ini juga pernah terlibat dalam film Moana. Salah satu terobosannya dalam film ini, yaitu menampilkan seorang putri dan ratu dalam kisah dongeng yang mengenakan celana.

5. Animator Ikut Kursus Menyanyi Demi Akurasi Animasi

Total ada 7 buah lagu yang dinyanyikan oleh karakter-karakter dalam ‘Frozen 2’, hampir 2 kali lebih banyak dari film pertamanya. Untuk menghasilkan animasi yang lebih akurat, para animator mengikuti kursus menyanyi sebagai bentuk riset yang dapat membantu mereka menganimasikan para karakter ketika menyanyi. Hal tersebut terbukti dari hasilnya, dimana karakter tampak mengambil napas dalam ketika dibutuhkan, begitu pula dengan gerakan-gerakannya.

6. Disney Tanda Tangan Kontrak dengan Pimpinan Skandinavia

Mengadaptasi beberapa aspek dan atribut dalam budaya Skandinavia, Disney melakukan perjanjian dengan para pimpinan pribumi Skandinavia untuk mempersembahkan budaya mereka dengan hormat. Tak hanya itu, dibentuk pula tim penasehat agar Disney tak salah dalam memotret budaya Skandinavia yang meliputi musik, bahasa, sejarah, cerita dan lainnya. Disney memang beberapa kali sempat terjegal kasus cultural appropriation, seperti film live-action ‘The Little Mermaid’.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia