Tak Banyak yang Tahu, Pionir Tradisi Upacara di Gunung Semeru Ternyata Mahasiswa ITN Malang

MALANG – Mungkin tidak banyak yang tahu, jauh sebelum film 5 cm meledak. Di tahun 1984, Ashadi Abu melakukan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI di Gunung Semeru. Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Pecinta Alam (Himakpa) ITN Malang ini bisa dibilang pionir upacara di atas Gunung Semeru.

“Himakpa ini dibentuk mulai 1978, dan beliau yang mengawali upacara tahun 1984 silam. Dia tidak menyangka kalau bakal berlanjut sampai sekarang tradisi upacara di gunung semeru seperti itu,” cerita Syauqi Azhar Dani, mahasiswa Jurusan Informatika Semester 5 ITN Malang.

Pria yang juga Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Teknik Pecinta Alam (Himakpa) itu menyebut Ashadi orang pertama yang adakan upacara di Semeru. Saat itu memang masih jarang pendaki yang ke Semeru.

“Kami beruntung di upacara tanggal 17 Agustus 2019 kemarin, beliau mau membagikan pengalamannya saat memberikan sambutan di upacara bersama para pendaki di Semeru,” sebut Syauqi.

Ashadi adalah pria asli Tulungagung dan kini bekerja di Kalimantan Timur. “Kemarin beliau menyempatkan hadir, kami bersyukur, selain juga karena beliau adalah alumni mahasiswa ITN, dan seorang pencinta alam, juga anggota luar biasa HIMAKPA, banyak pelajaran yang kami dapat,” tutup pria yang kemarin bertugas sebagai pengibar bendera saat upacara di Ranu Kumbolo, Semeru.



Pewarta: Elfran Vido
Foto: istimewa
Penyunting: Fia