Tak Ada SIM, Suket pun Jadi

KOTA BATU – Anda yang tak punya surat izin mengemudi (SIM) atau sudah kadaluwarsa, tak perlu bingung. Cukup urus surat keterangan (suket) ke Satlantas Polres Batu saja sudah cukup. Sebab, sejak dua bulan mulai Juli sampai kemarin, Satlantas belum bisa membuat SIM baru.

Karena material bahan SIM habis. Solusinya, Satlantas memberlakukan suket pengganti SIM sementara. Sejak dua bulan lalu, sudah ada 2.200 warga Kota Batu yang hanya mendapat suket.

Arif Prasetyo, salah satu pemohon SIM, mengaku sudah dua hari harus menunggu giliran administrasi. ”Karena masih ada beberapa yang kurang. Jadi dua hari belum selesai. Itu pun katanya saya hanya mendapat surat keterangan saja sebagai pengganti,” kata dia.

Pria asal Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu itu mengungkapkan jika dirinya tidak sendirian. Selama sehari ada sekitar 100 pemohon SIM yang mengurus dan hanya mendapat surat pengganti saja. ”Ada sekitar 100 orang per hari sepertinya,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kasatlantas Polres Batu AKP Dyana Suci Listyawati mengungkapkan jika sampai saat ini masih belum mengetahui sampai kapan batas waktu penundaan penerimaan itu akan berakhir. ”Kekurangan material itu sejak dua bulan terakhir, mulai dari Juli hingga saat ini,” kata Dyana.



Lebih lanjut dirinya menjelaskan jika adanya keterlambatan itu, lantaran adanya rencana pengembangan Smart SIM yang nantinya akan bisa digunakan secara multifungsi. Namun, kapan program tersebut akan diterbitkan, dirinya masih belum mengetahui.

”Masih belum ada arahan dari Mabes Polri. Ya sepertinya karena itu, lalu berimbas kekurangan material. Tapi secara fungsi surat keterangan itu sama,” tandas dia.

Pewarta : Miftahul Huda
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Abdul Muntholib