Tak Ada Izin, Minimarket Disegel

Bangunan minimarket di Desa Punten ini kemarin (27/10) ditutup Satpol PP Kota Batu karena pembangunannya tidak memiliki izin.

KOTA BATU – Satpol PP Kota Batu menunjukkan kegarangannya menindak pelanggaran peraturan daerah (perda) izin mendirikan bangunan (IMB). Bangunan minimarket yang diduga bodong alias tak berizin di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, akhirnya ditutup Jumat kemarin (27/10).

Dilakukannya penutupan itu karena dua kali surat peringatan yang dilayangkan Satpol PP Kota Batu diabaikan.

”Tadi pagi (kemarin, Red) kami tutup bangunan minimarket, karena sudah dua kali surat peringatan tak diindahkan,” kata Kasatpol PP Kota Batu Robiq Yunianto kemarin.

Penutupan itu dilakukan setelah sebelumnya pada Selasa lalu (24/10) sebanyak 12 tokoh Desa Punten mendatangi kantor satpol PP. Agenda utama dalam aksi damai ini mendesak supaya minimarket tersebut ditutup. Lantaran, selain tak punya IMB, minimarket tersebut juga diduga menyalahi perjanjian pemanfaatan lahan. Lahan minimarket tersebut milik desa, tapi dimanfaatkan oleh oknum untuk mengambil keuntungan sendiri.

Robiq menambahkan, kegiatan penutupan kemarin berjalan lancar. Tidak ada perlawanan dari pihak pemilik. ”Jika ingin beroperasi, maka harus mengurus semua perizinan dan mendapatkan persetujuan dari desa,” kata dia.

Pewarta: Imam Nasrodin & Aris Dwi
Penyunting: Ahmad Yahya
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono