Tahun Ini Kota Araya Hadirkan Apartemen

KOTA MALANG – Kebutuhan hunian warga Malang makin beragam saja jenisnya. Contohnya untuk hunian apartemen. Diprediksi bukan hanya apartemen yang hanya bisa ditinggali, namun sudah lebih dari itu. Yakni mengutamakan view yang indah dan lain dari yang lain. Tujuannya adalah selain untuk kepentingan kenyamanan juga pertambahan nilai investasi.

Contohnya pengembangan bisnis properti yang dilakukan Araya Group. Selain masih fokus menuntaskan project penjualan sejumlah klasternya di kawasan The Araya, dalam waktu dekat, juga akan membangun apartemen. Ini terungkap dalam acara Discuss on The Spot tim manajemen Jawa Pos Radar Malang yang dipimpin oleh Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad, Jumat lalu (18/1).

Apartemen yang akan dibangun tersebut berbeda dengan konsep yang ada di Jakarta pada umumnya. ”Konsep yang kami usung adalah golf view,” ungkap Geraldo Rudianto, owner The Araya.

Konsep berbeda, menurut Aldo, sapaan akrabnya, untuk strategi menarik konsumen. Di Malang, konsep apartment dengan golf view belum ada. Hanya The Araya yang memiliki hunian dengan konsep golf view. Peminat konsumennya pun diprediksi bakal ramai. ”Jika konsepnya sama dengan yang ada di Jakarta dan Surabaya, maka tidak akan menarik bagi konsumen,” katanya.

Selain apartemen, dalam waktu dekat ini juga akan dioperasionalkan satu gedung kampus pengembangan dari Binus (Bina Nusantara). ”Sekarang sudah dalam proses penyelesaian, gedung berlantai enam itu siap untuk dioperasionalkan,” imbuh Aldo.



Dengan adanya gedung baru ini, maka Binus memiliki dua tempat di kawasan The Araya. ”Satu di depan berseberangan dengan Plaza Araya dan satu lagi di belakang yang sebentar lagi akan dioperasionalkan,” katanya.

Selain itu, tentang dampak pembangunan jalan tol Malang–Pandaan (Mapan) juga disinggung dalam pertemuan tersebut. Mereka berharap ada peningkatan yang signifikan atas beroperasinya tol Mapan ini. Karena kawasan Araya juga dilintasi oleh proyek strategis nasional ini. Apabila melintasi overpass tol Mapan, akan bisa melihat hamparan luas properti dan golf view yang menarik.

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut diikuti jajaran manajemen Jawa Pos Radar Malang, antara lain Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad, General Manager Jawa Pos Radar Malang Don Virgo, Manager Radar Batu Bambang Tri Wijatmiko, Manager Iklan M. Atho’illah, Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Malang Mardi Sampurno, dan Pimpinan Redaksi Radarmalang.id Kholid Amrullah.

Sedangkan dari Araya, yang menyambut kunjungan tersebut selain Aldo juga ada GM Grup Araya Malang Prima Hartono, Manager Marketing The Araya Teguh Widjajanto, dan Golf Manager Muhammad Arwan.
Selain membicarakan tentang pengembangan bisnis grup properti ini, juga menyinggung tentang efektivitas beriklan bisnis properti. Aldo menyatakan, sekarang lebih diminati ke arah promo activity.

”Misal membuat pameran atau event yang mengundang calon pembeli,” katanya. Disinggung juga dalam pertemuan itu tentang semakin tingginya harga tanah di Malang. Padahal di sisi lain, daya beli masyarakat tergolong masih lemah.

”Harga tanah tinggi, sedangkan daya beli masyarakat rendah, jadi tidak sebanding,” katanya. Akibatnya, masyarakat akan semakin sulit untuk berencana membuat rumah di area Malang. Developer pun juga akan sulit dengan keadaan ini.

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy editor : Amalia Safitri
Penyunting : Mardi Sampurno