Tahun Depan, Bayar Angkot Bisa dengan Sampah

KOTA BATU ? Hampir semua daerah di Indonesia menghadapi masalah persampahan. Sehingga, masing-masing daerah saling berlomba-lomba untuk mencarikan solusi.

Termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menyampaikan, pihaknya akan menerapkan bayar tilang dan ongkos angkutan umum dengan sampah.

Rencananya kebijakan ini bakal diterapkan awal tahun depan. ?Kami akan terapkan mulai tahun depan. Tahun depan Kota Batu bebas sampah,? kata pria yang menjadi wakil wali Kota Batu dua periode ini, kemarin.

Menurut dia, teknisnya bakal diserahkan pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu. Sehingga, dua dinas ini juga bakal melakukan sosialisasi ke warga nanti. ?Teknisnya dishub dan DLH nanti,? ucapnya.

Tak hanya itu, masih kata dia, pihaknya juga sudah menerapkan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan sampah. Bahkan, pihaknya juga sudah menerapkan pengurangan sampah plastik.



Perlu diketahui, jumlah sampah yang masuk tempat pembuangan akhir (TPA) Tlekung mencapai sekitar 60 ton per hari. ?Penggunaan plastik di sekolah, instansi atau di sini (balai kota, Red) sudah dikurangi,? terang pria yang juga menjadi ketua DPC PDI P Kota Batu ini.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Batu Arief As Siddiq menyampaikan, pihaknya sedang menggodok teknis program tersebut.

Sehingga, program tersebut bisa dimulai paling lambat tahun 2020 mendatang. Perlu diketahui, bank sampah di Kota Batu ada 136 titik. ?Kami juga akan kerja sama dengan bank sampah,? tandasnya.

Pewarta : M.Badar Risqullah
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin