Tahapan Seleksi Calon Bintara TNI AD

Capim KPK Irjen Firli: Apa yang Salah dengan Saya? - JPNN.com

Para pemuda yang mengikuti seleksi penerimaan SECABA TNI AD di lingkungan Kodam XVII Cenderawasih. Foto: Dok.Pendam XVIICenderawasih

jpnn.com, JAYAPURA – Sebanyak 1.430 pemuda mengikuti seleksi penerimaan calon bintara TNI AD di lingkungan Kodam XVII Cenderawasih, Papua.

Kapendam XVII Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto di Jayapura, Kamis (12/9), menjelaskan mereka yang mendaftar itu langsung mengikuti proses seleksi yang terbagi dua tahapan yang seluruhnya dilakukan Rindam XVII Cenderawasih, Ifar Gunung, Sentani.

Tahapan seleksi dalam penerimaan casis SECABA terbagi dua yakni tingkat panitia daerah (panda) dan panitia pusat (panpus).



Penerimaan calon siswa secaba dilakukan dengan sistem gugur sehingga yang diawali dari administrasi, kata Eko seraya menambahkan bagi yang lulus administrasi akan melanjutkan ke test kesehatan dan test kebugaran jasmani.

Karena tingginya animo pemuda yang ingin jadi anggota TNI AD maka mereka dibagi tujuh gelombang dan seleksi dilaksanakan sesuai jadwal.

Bila tidak lolos dalam seleksi maka mereka tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya karena yang lulus nantinya benar-benar pemuda terpilih, ungkap Eko.

Kapendam XVII Cenderawasih ketika ditanya tentang jumlah peserta yang masih melanjutkan testnya mengaku belum mendapat laporan terakhir karena proses seleksi masih berlangsung.

Bila selesai seleksi mereka akan mengikuti pendidikan selama tujuh bulan di Rindam XVII Cenderawasih. (Evarukdijati/ant/jpnn)