Tahan Banting, Bambu Hoki Diminati

KOTA BATU – Tak banyak jenis tanaman hias yang bisa tahan lama saat ditempatkan di dalam ruangan. Tapi tanaman yang satu ini bisa dibilang ”bandel”, karena tetap segar meski tak terkena sinar matahari langsung. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Dracaena braunii itu biasa disebut bambu hoki.

Sejumlah penjual bunga di kawasan Jalan Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, menjual tanaman hias yang diyakini sebagian orang bisa membawa keberuntungan. ”Ini kiriman dari Jawa Barat. Kebetulan barangnya baru datang kemarin,” ujar Gito Bagus, pemilik stan Bunga Oranye.

Menurut dia, di Kota Batu masih sedikit petani yang menjual bambu jenis ini, karena kesulitan merangkai dan menata tanaman-tanamannya agar tidak layu atau rusak. ”Kesulitannya menjaga agar tanaman tetap segar waktu dijual. Jika salah waktu menata pot plastiknya atau ada yang bocor, daunnya bisa layu,” ujarnya. Karena alasan itu pula, Gito memasok tanaman ini dari luar kota.

Namun, perawatan tanaman ini relatif mudah karena termasuk tahan banting. Gito menjelaskan, untuk merawatnya hanya butuh sedikit air. Kira-kira cukup untuk merendam akarnya saja. Begitu pun untuk tanah dan pupuk tidak butuh terlalu banyak. ”Ini juga kuat bertahan walau jarang terkena sinar matahari. Karena tanaman ini memang untuk hiasan di dalam ruangan (indoor),” tuturnya.

Soal harga, untuk yang berukuran sekitar 10 cm dihargai sekitar Rp 12.500 per pot. Sedangkan untuk yang berukuran 30 cm dikenakan harga Rp 75 ribu per pot. ”Ada juga pembeli yang mencari ketinggian 1 meter. Itu harganya bisa sampai Rp 300 ribu per pot,” ungkapnya.



Biasanya, permintaan meningkat jelang perayaan hari besar warga Tionghoa. Karena penamaan bambu hoki itu berasal dari kepercayaan fengsui mereka. Bagi penyuka tanaman hias, bambu hoki jadi incaran. Selain bentuknya yang kecil, tanaman ini juga bisa dibentuk untuk pertumbuhannya. ”Kesan bentuknya minimalis kalo dipajang di dalam rumah. Kalau makin tumbuh juga bisa dibentuk jadi spiral atau dibiarkan lurus saja,” ujar Tirta Hani, warga Kota Malang yang sedang mencari tanaman hias untuk koleksinya. Soal kepercayaan bahwa tanaman ini membawa keberuntungan, Hani mengakui bahwa dia antara percaya dan tidak percaya. ”Ya kalau bisa bawa keberuntungan bagus dong,” tandasnya.

Pewarta: Octo Pratama
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Octo Pratama