Tagih Janji Pembenahan Stadion Gelora Bung Tomo

JawaPos.com — Kompetisi Liga 1 yang sudah di depan mata membuat Bonek menagih janji Pemkot Surabaya untuk membenahi stadion kandang Persebaya Surabaya, Gelora Bung Tomo (GBT). Sejumlah perbaikan belum selesai. Padahal, Liga 1 sudah berjalan pekan ini.

Beberapa perbaikan yang belum rampung adalah pengaspalan akses jalan menuju pintu masuk GBT. Jalur masuk memang sudah lebih lebar dari biasanya setelah pemkot menguruknya hingga lebih lebar tiga kali lipat dari biasanya. “Akses masuk memang sudah lebar, tapi sampai sekarang pengaspalannya juga belum selesai,” kata Dirijen Bonek Tribun Utara Capo Ipul, Selasa (14/5).

Capo mengatakan, selain pangaspalan yang juga belum rampung, masih banyak PR pemkot yang harus diselesaikan dalam membenahi GBT. Salah satunya scoring board digital alias papan skor elektrik. Dengan stadion sebesar GBT yang dihuni tim sebesar Persebaya, papan skor hanya mengandalkan spanduk jelas bukan kelas Bajol Ijo—julukan Persebaya. “Kita bisa lebih bagus dari ini kalau pemkot punya komitmen merenovasi GBT,” kata Capo.

Selain itu, kata Capo Ipul yang bernama asli Saiful Antoni ini, penerangan stadion juga masih minim. Penerangan yang tidak standar itu berakibat pada keamanan para penonton atau suporter. Akibatnya, pada laga persahabatan melawan Persela Sabtu (11/5) lalu, banyak suporter yang kehilangan handphone.

“Kalau penerangan cukup, kejahatan sepertinya tidak akan terjadi. Sebab, banyak orang bisa saling mengawasi dan menjaga sesama suporter. Ini masih laga persehabatan. Bagaimana kalau kompetisi beneran?” kata Capo.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bahwa pemkot terus melakukan perbaikan GBT. Mulai dari pelebaran akses jalan, pemasangan digital scoring board, hingga perbaikan fasilitas untuk penonton seperti toilet hingga musholla.

Eri yang juga Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) itu menjanjikan semuanya rampung sebelum kompetisi Liga 1 digelar. Namun, hingga kick off kompetisi Liga 1 sudah akan dimulai pekan ini, perbaikan tak kunjung rampung. Pada Kamis (16/5) ini saja, Persebaya bakal menjalani laga perdana Liga 1 melawan Bali United. “Untungnya laga away. Gimana kalau home? Pasti bakal keteteran,” kata Capo.

Persebaya bakal menjalani laga home pertama pada Selasa (21/5) mendatang melawan Kalteng Putra. Dalam laga tersebut, Persebaya yang bertindak sebagai tuan rumah bakal menggelar laga di GBT. Artinya, masih ada waktu seminggu untuk merampungkan semua perbaikan. “Kami masih menagih janji Kepala Bappeko Bapak Eri Cahyadi yang katanya mau merampungkan renovasi stadion,” katanya.