Tabrakan Beruntun, Avanza Masuk Kolong Truk, Sopir Terjepit

JawaPos.com – Kecelakaan mengerikan terjadi di jalan poros Bontang-Sangatta, Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di KM 16. Kecelakaan beruntun ini melibatkan truk tronton, truk tangki oli, serta sebuah mini bus jenis Toyota Avanza. Kondisi Avanza hancur lebur alias rusak parah lantaran nyungsep dalam kolong truk.

Meski begitu, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kecelakaan diduga dipicu truk fuso pengangkut karnel KT 8759 MB yang hilang kendali.

Truk itu berusaha menyelip mobil di lokasi kejadian. Kecelakaan ini terjadi pukul 07.30, Kamis (13/6). Peristiwa ini pun sempat menghambat arus lalu lintas di ruas tersebut.

Sopir truk fuso, Masriadi, mengatakan, dirinya bertolak dari arah Sangatta menuju Bontang. Saat di lokasi kejadian, dia melaju di turunan lalu mengambil lajur kanan untuk menghindari mobil yang tengah berhenti di sisi kiri.



Namun, saat menyalip mobil berhenti itu, truk lainnya yang dikemudikan Tampa dengan nomor polisi KT 8339 KU dari arah ara berlawanan muncul. Masriadi pun panik.

Dia tak sempat menghindar. Bagian depan truk yang dikendarai Masriadi pun akhirnya bersenggolan dengan bak truk bagian belakang truk pengangkut oli bekas yang dikemudikan Tampa.

“Jadi, awalnya ada mobil berhenti di pinggir jalan. Karena itu saya ambil jalur jalan agak ke kanan. Tapi dari depan muncul truk. Jadi, tidak bisa kontrol lagi. Kami pun bersenggolan” jelas Masriadi dikutip dari Samarinda Pos (Jawa Pos Group), Minggu (16/6).

Rupanya, saat truk yang dikemudikan Masriadi menyalip diikuti pula oleh mobil Avanza dengan nomor polisi KT 1175 GH yang dikemudian Nanang. Tak ayal Avanza yang membawa tujuh penumpang itu pun akhirnya menyerempet bagian depan truk milik Tampa.

Bahkan, menabrak buritan truk pengangkut karnel hingga masuk ke kolong. Akibatnya, roda belakang truk patah dan lepas dari bak truk.

Hal sama diakui Tampa. Menurutnya, truk yang dikemudikan Masriadi mau masuk nyalip mobil berhenti. Avanza mengikuti di belakangnya. Dia pun tidak bisa mengindar, sehingga mobil yang dikemudikan dari arah Bontang itu bahkan ikut terssenggol mobil Masriadi.

“Saya dari arah Bontang. Karena mobil fuso masuk ke kanan. Saya berusaha menghindar. Tapi, tidak bisa. Akibatnya, kepala mobil fuso itu menyenggol pantat kendaraan kami. Sedangkan Avanza nabrak di depan kami,” jelas Tampa.

Akibat tabrakan itu, sebagian mobil Tampa keluar dari jalan cor beton. Kasat Lantas Polres Kutim AKP Eko Budiyanto ditemui di lokasi kejadian belum bisa memberikan penjelasan rinci.

Secara singkat, Eko hanya mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah fokus mengevakuasi korban di mobil Avanza untuk dibawa ke rumah sakit terdekat. “Kronologis kejadian masih belum bisa dipastikan. Karena anggota masih melakukan olah TKP dengan memintai keterangan saksi-saksi,” kata Eko.

Sementara itu, dari pantauan media ini, meskipun mengalami rusak parah namun penumpang mobil Avanza yang berjumlah kurang 7 orang, hanya mengalami luka-luka. Padahal sopir Avanza sempat terjepit kemudi, beruntung tetap selamat.