Sutiaji: Yel-Yel Aremania Harus Dipatenkan

KOTA MALANG – Apresiasi tinggi diberikan Wali Kota Malang Sutiaji atas rencana adu kreativitas Yel-Yel dan Koreografi di Gumebyar Aremania Smartfren mulai 18 Agustus 2019. Event tersebut, menurut Sutiaji, menjadi ruang bagi Aremania lebih kreatif. Dan paling penting kompak dan selalu mengusung semangat damai.

”Ini sangat positif karena bisa memberikan tempat atau panggung kepada Aremania untuk berkreasi,” kata Sutiaji saat audiensi dengan panitia dari Jawa Pos Radar Malang dan Smartfren di Balai Kota Malang kemarin (12/8).

Dalam audiensi itu, ada usulan menarik dari orang nomor satu di Pemkot Malang itu. Yakni, konten yel-yel Aremania bisa dipatenkan.  ”Dengan begitu tidak dijiplak komunitas suporter lainnya,” kata dia.

Selain itu, dia menyarankan agar yel-yel tidak mengandung unsur SARA (suku, ras, agama, dan antar golongan). Juga jauh dari rasis serta kata-kata umpatan atau misuh. ”Atau apa pun sesuatu yang sifatnya berkonotasi negatif,” saran Sutiaji.

Para peserta, dia melanjutkan, diharapkan menyiapkan konten dengan baik, tidak asal-asalan. ”Dan bisa konten yang berkarakter Malang dan mudah dihafal,” kata dia.



Melalui event ini diharapkan menghasilkan karya yang segar. Sutiaji rencananya juga akan datang langsung ke pembukaan event Gumebyar Aremania di Car Free Day (CFD) Jalan Simpang Balapan pada 18 Agustus pagi. Lomba itu akan berlanjut pada 25 Agustus, 1 September, 8 September, dan terakhir 22 September.

Sutiaji berharap, Gumebyar Aremania Smartfren akan menjadi event tahunan. Juga menjadi penyemarak hari ulang tahun Arema di 11 Agustus. Apalagi dia sangat ingin Kota Malang menjadi industri sepak bola, tidak hanya sekadar hiburan. Kota Malang menjadi kota yang melahirkan pemain sepak bola profesional.

Saat ini pendaftaran Gumebyar Aremania masih terbuka. Aremania bisa mendaftarkan di kantor Jawa Pos Radar Malang di Jalan Kawi 11-B (Kota Malang), Radar Kanjuruhan (Pepen, Pakisaji), Radar Batu di Jalan Pattimura (Kota Batu), dan kantor Smartfren di Jalan Cokelat, Lowokwaru. Panitia hanya membatasi 100 peserta.

Dalam audiensi kemarin, turut dihadiri oleh Region Brand Activation Manager Smartfren Hatta Yoga W., Deputy Region Branch Office Manager Smartfren Wahyu Nur H., Manager Event Jawa Pos Radar Malang M. Atho’illah.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib