Sutiaji Jamin Suplai Air Bersih Aman

Krisis air bersih yang sempat melanda Kota Malang beberapa bulan lalu menjadi perhatian pasangan calon wali kota Sutiaji-Sofyan Edi (Sae). Mereka berjanji, ketika terpilih jadi wali kota, tidak ada lagi masalah krisis air bersih.

MALANG KOTA – Krisis air bersih yang sempat melanda Kota Malang beberapa bulan lalu menjadi perhatian pasangan calon wali kota Sutiaji-Sofyan Edi (Sae). Mereka berjanji, ketika terpilih jadi wali kota, tidak ada lagi masalah krisis air bersih.

Sutiaji menyatakan, sudah saatnya Kota Malang mandiri dalam hal air bersih. Artinya, tidak lagi bergantung pada wilayah lain, seperti Kabupaten Malang dan Kota Batu. Selama ini, pasokan air masih disuplai dari dua daerah tersebut. Sehingga, ketika ada konflik soal air bersih antara Kota Malang dengan Kabupaten Malang, itu berimbas pada pengurangan pasokan air.

Nah, jika sudah bisa membuat sumber air sendiri, nantinya pasokan air tetap aman. Caranya, dengan memanfaatkan sungai yang kemudian dijadikan sumber-sumber baru. Termasuk membuat bendungan. ”Kita manfaatkan sumber-sumber air. Nantinya Kota Malang bisa mandiri, tidak ketergantungan dengan yang lain. Selain itu, juga bisa lebih hemat dibandingkan dengan menerima pasokan dari Kabupaten (Malang),” ujar Sutiaji saat blusukan bersama Sofyan Edi di Pasar Sawojajar kemarin (20/2).

Anggota tim sukses Sutiaji, Noor Wahyudi, menyatakan sudah ada investor yang siap membuat sumber air baru. Artinya, kalau Sutiaji jadi wali kota, hal ini tentu bisa segera diwujudkan. ”Sungai Amprong akan kita jadikan semacam bendungan kecil untuk wisata, juga untuk menampung air,” ujar Noor Wahyudi.

Selain dimanfaatkan sebagai air bersih untuk warga, nantinya Sutiaji juga akan membangun wisata sungai yang berupa rafting dan standarnya tingkat internasional. Sungainya sendiri adalah Sungai Brantas. ”Nantinya akan dibenahi dulu bantaran-bantaran sungai itu sebagus mungkin kayak di Bali. Ada batu-batu di pinggir sungai. Karena Malang ini sungainya kategori dekat sumber mata air. Batu dan Malang ini masih cocok untuk rafting,” jelas Noor.



Sementara itu, selama di Pasar Sawojajar dan Madyopuro kemarin, Sutiaji menampung aspirasi warga. Dia menanyakan terkait persoalan yang dihadapi para pedagang.

Pewarta : Imarotul Izzah
Penyunting : Abdul Munthalib
Copy Editor : Arief Rohman
Foto :TIM SAE FOR RADAR MALANG