Susun RKPD, Fokus 3 Sektor Unggulan

KOTA BATU – Pemkot dan DPRD Kota Batu kemarin (14/3) duduk bersama di Senyum World Hotel. Pertemuan bertajuk forum organisasi perangkat daerah (OPD) menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) itu turut membahas sejumlah poin.

Yang utama yakni arah pembangunan di tahun 2020 mendatang. Tercatat ada tiga sektor yang tetap menjadi unggulan Kota Batu. Di antaranya pariwisata, pertanian, dan UMKM.

”Arah kebijakan tahun 2020 tidak boleh lepas dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017–2022,” terang Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batu M Chori. Dalam penyusunan RKPD, dia mengaku bila pihaknya menggunakan pendekatan teknokratik, bottom up, dan top down. Pendekatan politik juga dilakukan.

”Teknokratik artinya dalam penyusunan ini didukung oleh data yang valid dan tenaga yang andal,” ujarnya. Sementara bottom up sudah dilaksanakan melalui proses musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat desa dan kecamatan.

Hal ini digunakan agar sinkron antara kebutuhan masyarakat dengan pemerintah. ”Top down sudah barang tentu tidak boleh keluar dari kebijakan pusat nasional maupun provinsi,” jelas Chori.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo yang turut hadir dalam pertemuan itu memberi apresiasi khusus. ”Diharapkan pertemuan ini menjadi salah satu sarana komunikasi lebih intens,” jelas dia.

Untuk mempermudah dan mendapatkan peran aktif dari masyarakat, dia berharap pemkot bisa melibatkan unsur-unsur masyarakat. ”Mereka (masyarakat) agar diberi ruang dan waktu yang banyak, dimintai pendapat agar bisa dikolaborasikan,” tambah Cahyo.

Senada dengannya, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, berharap pertemuan itu bisa memompa semangat seluruh pihak. ”Prestasi yang didapat tahun ini dan sebelumnya adalah kinerja kita yang on the track berkat kita semua,” ungkapnya.

Sementara dalam prioritas pembangunan, Dewanti memberi perhatian khusus terhadap efek pembukaan jalan tol Malang–Pandaan (Mapan) di Karangploso. ”Nanti harus diimbangi melalui pembangunan rest area, pelebaran ruas jalan provinsi, dan pelebaran di sepanjang Jalan Ir Soekarno dan Pattimura,” kata dia.

Pewarta               : Mochamad Sadheli
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Bayu Mulya