Surya Paloh Yakin Baasyir Dibebaskan

JawaPos.com – Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh tampak terkejut saat ditanyai soal kabar batalnya pembebasan Ustad Abu Bakar Baasyir. Dia yakin Baasyir pasti akan bebas.

Namun begitu, kata ayah dari Prananda itu, ihwal pembebasan Baasyir tetap ada kepentingan politik. “Tapi politik yang membawa suatu hal yang bernilai positif,” ungkap Surya Paloh di Tapanuli Tengah, Rabu (23/1).

Dia menambahkan, pertimbangan untuk membesarkan Baasyir, karena mengingat umurnya yang sudah tua. Apalagi Baasyir juga banyak diserang penyakit. “Tapi terlepas itu, enggak salah juga kalau itu adalah pendekatan aspek peri kemanusiaan,” ungkapnya.

Dia kembali menegaskan bahwa Baasyir akan dibebaskan. “Siapa bilang batal. Barangkali belum keluar saja. Saya yakin dibebaskan,” tandasnya.

Seperti diketahui, polemik pembebasan Abu Bakar Baasyir belum berkesudahan. Hingga kini, dapat dikatakan terpidana kasus terorisme itu batal keluar dari penjara.

Melihat perkembangan seperti itu, Abdurrahim Baasyir, Putra Abu Bakar Baasyir menyatakan sangat kecewa kepada pemerintah karena ayahnya batal keluar dari lembaga pemasyarakatan (lapas) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

“Kami tanyakan bagaimana keputusannya soal ustad Abu Bakar Baasyir ini, beliau menjawab lapas juga masih menunggu keputusan pimpinan di atasnya. Jelas kalau begitu kami berkesimpulan, hari ini, Rabu tanggal 23 belum bisa Ustad Abu Bakar Baasyir pulang,” kata Rohim dalam keterangannya, Rabu (23/1).

Menurut Abdurrahim, ada ketidaktegasan dari menteri terkait soal kebebasan pimpinan Pondok Pesantren Al Mumin itu. Semula dikatakan, Baasyit akan bebas murni. Namun kenyataannya, kini menjadi bebas bersyarat.

Sementara itu, Menkopolhukam Wiranto pada kesempatan sebelumnya menegaskan bahwa, pemerintah perlu melakukan kajian mendalam soal rencana pembebasan Abu Bakar Baasyir.

“Jadi presiden tidak boleh grasa-grusu serta merta memutuskan. Tapi perlu pertimbangan aspek-aspek lainnya,” jelas Wiranto di kantornya, Senin (21/1) malam.

Editor           : Budi Warsito

Reporter      : prayugo utomo