Suparmi Kembalikan Kerugian Negara

Suparmi Kembalikan Kerugian Negara

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Kediri Subroto mengatakan, tersangka Suparmi membayar kerugian negara tersebut dengan cara dicicil. Untuk tahap pertama ini, uang yang diserahkan nilainya Rp 145 juta. “Uang (kerugian, Red) sudah dicicil dan sudah kami terima,” kata Subroto. Uang tersebut diterima kejaksaan pada Rabu (14/2) lalu.

Lebih lanjut Subroto mengatakan, meskipun tersangka sudah beritikad baik dengan mengembalikan kerugian negara, hal itu tidak akan menghentikan proses hukum yang ada. Hal itu akan menjadi catatan dan pertimbangan saat proses hukum nanti berjalan di pengadilan.

Untuk diketahui, Suparmi ditahan dan ditetapkan menjadi tersangka karena dianggap telah melakukan tindakan korupsi dengan nilai kerugian Rp 547 juta.  Perempuan yang juga seorang dokter hewan ini ditahan Selasa (13/2) lalu sekitar pukul 18.00.

Kasus korupsi yang menjerat Suparmi ini terkait dengan penyalahgunaan anggaran di kurun waktu 2015-2016. Setelah melakukan pemeriksaan 40 saksi sejak Januari lalu, akhirnya kejaksaan menemukan minimal dua barang bukti yang kuat untuk menahan Suparmi. 

Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri lantas menjerat Suparmi dengan pasal 2 subsider pasal 3 UU No.31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Ancaman pidananya paling singkat empat tahun penjara dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara dengan denda paling banyak Rp 1 miliar.



Subroto mengatakan kini pihaknya masih terus melakukan penyidikan dari bukti-bukti yang sudah dimiliki. Suparmi sendiri akan dilakukan penahanan selama 20 hari ke depan untuk melengkapi berkas yang sudah disusun jaksa.

Apakah ada kesulitan dalam mengorek keterangan dari tersangka? Mengenai ini, Subroto mengaku bahwa jaksa hanya berpegangan pada bukti yang sudah dimiliki. Yaitu keterangan dari saksi dan data-data yang sudah dimiliki jaksa. “Tidak apa-apa kalau tersangka mengelak atau tidak mengakui. Kami hanya berdasarkan bukti saja,” pungkas pejabat asal Semarang ini seraya tersenyum. (dea/fa)

(rk/die/die/JPR)