Sungai Jakarta Banjir Sampah, di Sisir Kota Batu, Buang Sampah Tidak di Bak Truk Didenda Rp 500 Ribu

Tempat pembuangan sampah di Keluruhan Sisir Kota Batu

KOTA BATU – Merasa warganya tak cukup memiliki kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya, membuat pihak wilayah Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu menggunakan cara berbeda. Di kawasan Jl Sultan Hasan Halim pihak RW 06 memasang tanda banner imbauan, karena melihat masih banyak sampah yang berserakan di sekitar Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang tidak pada tempatnya.

Dari pantauan tim radarmalang.id, di samping truk sampah ada banner besar dipasang di pohon dengan bertuliskan ‘Membuang sampah tidak dimasukkan ke dalam gerobak atau diletakkan di bawah, bila ketahuan akan dikenakan denda Rp 500 ribu’ tertanda Lurah Sisir dan warga RW 06.

“Ini kebijakan lingkungan setempat, karena selama ini warga yang membuang sampah tidak meletakkan di bak truk sampah secara langsung,” kata Lurah Sisir, Sasongko Fitra Adhitama.

Karenanya sampah yang di bawah menjadi tidak terangkut sempurna oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Selain itu, lingkungan menjadi tercemari oleh bau yang tidak sedap akibat dari sampah yang berceceran itu.

“Itu karena ada warga yang kedapatan tidak membuang sampah secara benar. Mereka nggak mau turun dari kendaraan dan asal lempar, sehingga tidak tepat sasaran dan berceceran. Kalau hujan bau busuk itu sangat menyengat, dan itu kan mengganggu warga,” imbuh mantan Lurah Songgokerto, Kecamatan Batu itu.

Menurutnya, dengan adanya imbauan oeringatan itu masyarakat diharapkan bisa lebih tertib dalam menangani persampahan dan mengubah perilaku buruk tersebut. Sehingga tidak merugikan warga sekitarnya.

“Ya sekaligus biar jera kepada warga yang seenaknya membuang sampah. Semoga ke depan semakin tertib dan jera, agar tidak merugikan orang lain,” pungkas dia.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina