Sumpah Pemuda, AHY Ingatkan Arti Pentingnya Toleransi – Radar Malang

Sumpah Pemuda, AHY Ingatkan Arti Pentingnya Toleransi
Agus Harimurti Yudhoyono ajak pemuda wujudkan yang sejahtera (Dok JPNN)

JawaPos – Setiap tanggal 28 Oktober seperti hari ini, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pemuda dahulu memulai pergerakan dengan pemikiran untuk bisa lepas dari penjajahan.

Kemudian bagaimana Hari Sumpah Pemuda di mata Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)?. Putra dari Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menyerukan semangat hari Sumpah Pemuda digunakan mencari persamaan untuk menuju Indonesia yang lebih maju.

“Kita diingatkan dengan semangat dan ikrar sumpah para pemuda di tahun 1928 yang lalu karena kita tahu sejatinya Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk, sangat heterogen, kita ditakdirkan hidup dalam keberagaman,” ujar AHY, Sabtu (28/10).

Oleh sebab itu, apabila pemuda terus mencari setiap perbedaan tanpa bisa menghargainya. Maka akan menguras tenaga. Padahal masih banyak tantangan di depan yang harus dihadapi dengan cara bersatu-padu.

?”Oleh karena itu, tentu akan habis energi kita kalau selalu mencari apa perbedaan kita karena tidak akan ada habisnya,” tutur AHY.



Karenanya, dia mengajak para pemuda untuk terus bekerja keras mewujudkan Indonesia yang selama ini diimpikan banyak pihak. Tidak perlu lagi gaduh karena adanya perbedaan.

Bersatu padu membuat Indonesia menjadi hebat. Sebab nasib bangsa ini ke depan ada di tangan para pemuda yang hebat.

?”Yang jelas kita memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu Indonesia yang semakin maju, adil, aman, sejahtera, dan bermartabat,” tambahnya.

Toleransi harus terus terjalin kepada semua pemuda. Jangan mudah dibenturkan oleh oknum yang sengaja membuat perpecahan bangsa. Toleransi terus menjadi fondasi bagi keberagaman Indonesia.

“Mari kita pisahkan apa yang menjadi keyakinan kita, dan masing-masing, jangan kemudian dibentur-benturkan dengan keyakinan yang lain. Toleransi dan juga harmoni harus jadi fondasi dari negeri kita,” pungkasnya. (cr2/ce1/JPC)