Sumber Siuk Dilamar Dua Investor

KEPANJEN – Wacana pengelolaan Sumber Siuk di Desa Taji, Kecamatan Jabung, makin diseriusi PDAM Kabupaten Malang. Seperti diketahui, sebelumnya ada dua calon investor yang menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modal di Sumber Siuk.

Keduanya yakni Taiwan Water Corporation dari Taiwan dan PT Elang Perkasa dari Jakarta. Diperkirakan nilai investasi di sana bisa menembus angka Rp 200 miliar. ”Fokusnya nanti ada dua bidang, yakni pengembangan pariwisata, serta unit usaha pengelolaan air bersih,” jelas Dirut PDAM Kabupaten Malang Syamsul Hadi.

Kini, dua calon investor itu sedang sibuk membuat feasibility study (FS) atau studi kelayakan. Dokumen detail engineering design (DED) juga terus dimatangkan keduanya. ”FS dan DED inilah yang nantinya akan kami pertimbangkan sebagai penawaran kerja sama dengan PDAM Kabupaten Malang,” jelas Syamsul. Adapun pola kerja sama yang nantinya akan diterapkan oleh PDAM Kabupaten Malang, yakni build-operate-transfer (BOT) atau bangun-guna-serah.

Selain Sumber Siuk, saat ini PDAM Kabupaten Malang juga mengelola 67 sumber air di Malang Raya. Tiga di antaranya merupakan sumber air permukaan.

Keberadaan sumber mata air permukaan itu diharapkan Syamsul bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Malang Raya. ”Yang juga harus diperhatikan adalah mempertahankan agar sumber mata air yang sudah ada saat ini tetap lestari,” tutupnya.

Pewarta               : Farik Fajarwati
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Bayu Mulya
Fotografer          : Rubianto