Sumber Maron Diserbu 6 Ribu Wisatawan

Wisata Air Sumber Maron di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, ini menjadi destinasi jujukan di akhir pekan ini. Per hari, rata-rata ada 6.000 pengunjung di sana.

PAGELARAN – Libur panjang di akhir pekan ini banyak dimanfaatkan warga untuk bertamasya bersama keluarga. Beberapa spot wisata di Kabupaten Malang menjadi jujukannya. Salah satunya yakni Wisata Air Sumber Maron yang terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran. Roziqin, koordinator wisata di sana, mengakui jika beberapa hari terakhir terjadi ledakan jumlah pengunjung.

”Yang paling mendominasi justru pengunjung dari luar kota. Seperti Surabaya, Sidoarjo, Blitar, dan Kediri,” terangnya.

Kerja sama yang sudah dijalin antara pengelola Wisata Air Sumber Maron dengan beberapa agen wisata mulai berbuah. Cara promosi tersebut memang diintensifkan sejak beberapa bulan terakhir. Tak hanya itu, untuk menyervis pengunjung, pihak pengelola juga terus berupaya menambah fasilitas dan sarana prasarana penunjang di Sumber Maron.

”Ke depan kami sedang berupaya memperbaiki akses jalan menuju lokasi. Ada rencana menambah rest area juga supaya pengunjung bisa berwisata dengan nyaman,” tambah Rozikin.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendistribusian Karcis Wisata Sumber Maron Rudi Eko Susanto menambahkan, langkah-langkah itu memang tepat dilakukan. Sebab di momen tertentu, seperti libur panjang di akhir pekan ini, jumlah pengunjung selalu meningkat.



Fasilitas yang memadai mutlak menjadi poin yang harus dipenuhi. Sementara itu, saat disinggung terkait perkiraan jumlah pengunjung, Rudi menyodorkan beberapa angka.

”Karena bersamaan dengan libur Imlek, rata-rata ada 6.000 pengunjung per hari,” terangnya. Jumlah itu melonjak lebih tinggi dibandingkan dengan hari biasa yang rata-rata hanya mencakup 200–500 pengunjung.

”Kalau hari ini (kemarin) hingga pukul 13.00, kami sudah menjual 1.400 karcis,” tambah Rudi.

Angka kunjungan itu diperkirakan bakal bertambah karena semakin sore biasanya semakin banyak pengunjung yang datang. Selain di momen libur panjang, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan umumnya terjadi saat libur sekolah dan hari besar nasional.

”Waktu pergantian tahun 2018 kemarin, dalam satu hari tembus 10 ribu pengunjung,” tambah dia. Kebanyakan wisatawan tersebut datang secara rombongan.

”Ada yang rombongan keluarga, organisasi, maupun perkumpulan-perkumpulan lainnya,” imbuh dia.

Selain suasananya yang masih asri, Sumber Maron kerap menjadi pilihan karena harga tiket yang dibanderol cukup terjangkau. Untuk dewasa, setiap pengunjung hanya dibanderol tiket Rp 3.000. Sementara untuk anak-anak, tiket yang dibanderol Rp 2.000.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Bayu Mulya
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Bayu Eka