Sumbar Diklaim Zona Aman Dari Kecurangan Pemilu

JawaPos.com – Tingkat kerawanan Pemilu di Sumatera Barat (Sumbar) masuk kategori aman. Hal itu tergambar dari rilis Mabes Polri yang dikeluarkan 20 Maret lalu.

Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen mengatakan, enam bulan sebelumnya, Sumbar masuk kategori rawan kecurangan Pemilu yang setingkat di atas Papua. Sedangkan kini, Sumbar berada di posisi ke 26 dari 34 Provinsi.

“Mabes Polri sudah rilis tingkat kerawanan Pemilu di masing-masing Provinsi. Sumbar berada di posisi aman,” kata Surya Efitrimen dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Pengawasan Netralitas ASN, TNI-Polri pada Pemilu serentak 17 April 2019 di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Rabu (27/3).

Menurut Efitrimen, meningkatnya keamanan Pemilu di Sumbar tidak terlepas dari kerja keras semua elemen terkait. Mulai dari pihak kepolisian, TNI, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam membantu kerja KPU dan Bawaslu untuk melancarkan persiapan Pemilu.



“Harapan kami tentu setiap lembaga pemerintah mampu menjaga netralitas ASN-nya. Jangan sampai berurusan dengan penyelenggara Pemilu,” katanya.

Apalagi, lanjut Efitrimen, waktu pelaksanaan Pemilu yang kian dekat berdampak terhadap tingkat dinamika politik yang juga kian memanas. Hal ini bisa saja berpotensi melahirkan kecurangan pelaksanaan Pemilu hingga ketidaknetralan ASN.

“Kita semua harus menjaga intensitas mengawal proses Pemilu agar dapat melahirkan pemimpin terbaik negeri ini lima tahun ke depan,” ujar Efitrimen. 

Editor           : Yusuf Asyari

Reporter      : Riki Chandra