Sulit-Sulit Ngerjakan, Skripsi Akhirnya Banyak yang Masuk Loakan

KOTA MALANG – Skripsi, hasil kerja keras mahasiswanya untuk syarat kelulusan di beberapa universitas ternyata jadi komoditi yang dihargai mahal di pasar barang bekas atau loak. Diakui, Romi salah satu penjaga lapak LoakinGo, sebuah loakan kekinian yang memanfaatkan sosial media dan aplikasi untuk menjual berbagai barang bekas.

“Skripsi banyak yang menjual, kemarin itu ada tumpukan dari salah satu Universitas Swasta dijual d isini,” tukas pria yang bekerja part time sembar kuliah di jurusan Vokasi Universitas Brawijaya (UB) ini.

Mahasiswa asal Kota Malang ini mengatakan hasil skripsi memang sering masuk di lapak loak yang ia jaga di daerah perempatan Gadang, Kota Malang tersebut. “Kalau skripsi akhirnya ya nanti dijadikan satu sama kertas lain macam buku paket dan dipack, diberikan ke perusahaan pengolah limbah kertas,” ujarnya.

Kertas-kertas itu nanti, termasuk skripsi dan koran bakal didaur ulang menjadi kertas oleh perusahaan yang bersangkutan. Dia mengaku miris, karena ternyata skripsi yang sejatinya sudah dikerjakan dengan sepenuh hati oleh mahasiswa ternyata juga sering dianggap sampah.

LoakinGo sendiri bisa menghasilkan omzet hingga Rp 20 sampai Rp 25 juta per bulan. Bisnis loak kekinian itu juga mengaku ramah lingkungan dengan membantu mengelola sampah yang tak terpakai.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido