Sugeng Dikenal Hobi Bawa Sajam Di Tas Ransel

KOTA MALANG – Masuk lebih jauh mengulik keseharian terduga pelaku kasus mutilasi perempuan tanpa identitas di Pasar Besar Malang (PBM), sosok Sugeng “Rombeng” Santoso, selalu menarik untuk diulas. Oleh warga sekitar yang mengetahui keseharian pelaku, ia dikenal sering membawa tas ransel.

Ketua RW 06, Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Moch Lutfi yang tahu dengan sosok Sugeng mengatakan, pria 49 tahun itu dikenal warga selalu membawa tas, yang belakangan diketahui tas tersebut berisi senjata tajam.

“Isinya banyak. Saya diceritani warga juga yang kenal. Jadi biasanya ada bolpoin,” katanya.

Disampaikan juga oleh Lutfi, tas ransel tersebut juga berisi gunting, silet, hingga berbagai jenis alat tulis. Diketahui sebelumnya, Sugeng juga telah mengaku memutilasi korban menggunakan gunting untuk memotong bagian tubuh korban. Entah gunting sebesar apa hingga mampu memotong bagian tubuh korban menjadi 6 bagian tersebut.

“Yo sak onok e dek kono (Ya seadanya disitu),” sebut Sugeng saat ditanyai petugas tentang dapat darimana gunting yang ia akui digunakan untuk memutilasi korban.



Pernyataan ini sendiri keluar dari mulut Sugeng lewat salah satu rekaman interview yang sudah tersebar di media sosial.

Sebelumnya, Sugeng juga diketahui memiliki riwayat kekerasan seperti menggunting lidah istrinya, hingga memukul palu sosok mertuanya sendiri.

“Dia memang pernah dibawa ke RSJ,” tambahnya.

Menurut M. Salis Yuniardi, PhD, Psikolog sekaligus Dekan Fakultas Pskologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), menyimpan dan menyimpan barang-barang itu biasanya memang jadi “hobi” para orang yang mengidap gangguan jiwa yang berada di jalan raya.

Sugeng sendiri hingga kini belum juga ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian. Polres Malang Kota masih punya banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan termasuk mendalami kondisi kejiwaan pelaku, siapa sebenarnya korban dan pertanyaan pertanyaan lain dari kasus ini.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Darmono
Penyunting: Fia