Sudah Punya Zulhas, Elite PAN Akui Gatot juga Masuk Kriteria Capres

Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) bersama mantan Panglima TNI Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta (8/5).

Pertemuan dua tokoh ini pun diduga membicarakan soal calon presiden (capres) di Pilpres 2019. Bahkan beredar kabar, PAN bakal mendukung Gatot Nurmantyo.

Saat dikonfirmasi Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, sosok Gatot Nurmantyo memang masuk kriteria capres dan cawapres yang diinginkan oleh partai berlogo matahari ini.

“Beliau adalah nasionalis tulen, Pancasilais sejati. Kami sudah lihat beliau di beberapa kesempatan adalah pembela umat. ?Jadi, saya kira kualitas dan kriteria yang ada di Pak Gatot masuk dalam kriteria PAN,” ujar Eddy di Gedung DPR.

Menurut Eddy, Gatot termasuk salah satu tokoh yang intensif melakukan pertemuan dengan PAN, serta dengan tokoh-tokoh partai politik lainnya. Namun demikian, Eddy menambahkan, PAN tidak menutup diri hanya melakukan komunikasi dengan Gatot.

“Pak Gatot ini salah satu yang sudah kami lakukan komunikasi cukup intensif dan juga tokoh-tokoh lainnya,” katanya.



Saat disinggung mengenai ajakan PAN ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mendukung Gatot Nurmantyo, Eddy mengaku, tak hanya partai besutan Sohibul Iman itu saja yang diajak serta. Eddy menambahkan, PAN juga sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai lain terkait kemungkinan mengusung calon alternatif.

“Jangankan PKS, partai-partai yang sudah menyatakan dukungan kepada calon presiden lainnya itu juga kami ajak dalam rangka membangun sebuah koalisi besar kebangsaan keumatan,” katanya.

“(Namun) semua hasil komunikasi akan kami tampung untuk kemudian diputuskan dalam sebuah perhelatan besar yaitu Rakernas 2018,” pungkasnya.


(gwn/JPC)