Sudah 8 Bulan, Pengerjaan Pasar Cinde Masih 10 Persen

JawaPos.com – Pembangunan Pasar Cinde hingga kini belum menunjukkan progres yang menggembirakan. Pasalnya, pembangunan yang telah dilakukan sejak Februari lalu hingga kini masih berjalan 10 persen.

Dirut PT Magna Beatum sebagai pengelola Aldiron Cinde, Attar Tarigan mengakui memang saat ini progres pembangunan baru 10 persen. Hal ini dikarenakan permasalahan kondisi struktur tanah.

Ia menjelaskan kendala ini di luar dugaan karena seharusnya tiang pancang dapat dilakukan dengan kedalaman 36 meter. Namun, pada kedalaman 24 meter tiang pancang pun sudah tidak bisa dilakukan lagi.

“Jadi kami akan mengkaji ulang bagaimana solusinya agar bisa menembus kedalaman lebih dari 24 meter,” katanya saat ditemui, Rabu (5/12).

Diterangkannya, urusan pondasi ini harus dilakukan dengan serius dan tidak main-main. Pasalnya, pasar ini nantinya akan dibangun setinggi 15 lantai.

Terlebih lagi jika berkaca pada pembangunan LRT, dimana kedalaman tiang pancangnya yakni sedalam 30 hingga 36 meter. Karena itu, menurutnya pembangunan pasar ini baru akan dapat terwujud sekitar 3 hingga 4 bulan ke depan. Karena saat ini pihaknya masih fokus pengerjaan pondasi.

Sembari melakukan kajian struktur tanah, pihaknya juga akan melakukan tender untuk memilih kontraktor utama dalam pembangunan pasar ini sesuai dengan dana yang disiapkan. Saat ini dana yang telah disiapkan yakni sebesar Rp 300 miliar.

“Jadi kami akan pilih kontraktor yang memang sesuai dengan dana disiapkan,” tutupnya.

(lim/JPC)