Strategi Cantik Tertibkan PKL ala Satpol PP Kota Malang. Seperti Apa?

Beberapa personel Satpol PP Kota Malang melintasi pertokoan di kawasan Pasar Besar Malang kemarin (30/11).

MALANG KOTA – Di zaman now, kecantikan tidak hanya menjadi alat untuk menggaet lelaki. Namun, juga bisa berguna untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL) liar. Itulah yang diterapkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang untuk menertibkan PKL yang berjualan di sepanjang trotoar.

Kemarin (30/11), instansi penegak peraturan daerah (perda) itu menerjunkan beberapa personel perempuan. Mengenakan seragam dinas satpol PP, para perempuan cantik itu berkeliling di area alun-alun hingga Pasar Besar Malang. Sambil berjalan, para personel satpol PP perempuan itu memampang poster imbauan. Poster tersebut bertuliskan ”Salah Kaprah Kalau Beli di Zona Larangan Berjualan”. Tujuannya, untuk mengimbau konsumen agar tidak membeli produk PKL yang jualan di sepanjang trotoar.

Kepala Satpol PP Kota Malang Priyadi menyatakan, tindakan menerjunkan personel perempuan itu untuk mengimbau PKL dan pengemis. Dia yakin, strategi tersebut ampuh untuk menertibkan mereka.

”Cara ini baru kali pertama dilakukan (menerjunkan personel satpol PP yang perempuan sambil memegang poster). Kami harap, para PKL sadar dan tidak memanfaatkan trotoar untuk berjualan,” kata Priyadi kemarin (30/11).

Mantan camat Blimbing itu berharap agar PKL dan pengemis tertib. Selain itu, masyarakat diharapkan tidak membeli dagangan para PKL yang melanggar ketertiban. ”Kami sosialisasi saja, tidak ada yang kami jaring,” tutupnya.

Pewarta: Aris Syaiful
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Satpol PP Kota Malang