Strategi APCI Menguasai Industri Cat Lokal

 Strategi APCI Menguasai Industri Cat Lokal - JPNN.com

Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCI) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto: APCI

jpnn.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam mengatakan, industri cat merupaka bisnis strategis yang pertumbuhannya berkautan dengan sektor lain.

Dia menambahkan, segmen pasar cat sangat luas meliputi marine, protective and offshore coating (MOPC), perumahan, sektor konstruksi/sipil, dekorasi, otomotif, serta wood finish seperti pada industri furnitur, mainan, dan industri kreatif lainnya.

Dia menyampaikan hal itu saat Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCI) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (14/11).

Rakornas ini dihadiri oleh anggota APCI di seluruh Indonesia.

Mengusung tema Bersatu, Maju Bersama Membangun Negeri, rakornas APCI 2019 ini ditujukan untuk makin menguatkan koordinasi dan konsolidasi di antara para anggotanya demi kemajuan asosiasi, perusahaan anggota APCI, dan bangsa Indonesia.

Acara ini dihadiri dan diresmikan oleh Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam. Selain itu, acara ini dihadiri Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Taufik Bawazier; Kasubdit Industri Kimia Hilir Lain, Salasta, Kepala Seksi, Àrni Yusnita, dan Kepala Seksi, Sutan Sinar Situmorang.

“Besarnya potensi ini, kami mengharapkan agar APCI dapat memajukan industri cat tanah air yang berdaya saing, berperan signifikan dalam penguatan struktur industri cat nasional, memperluas kesempatan kerja, serta mampu memajukan industri cat ke tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Khayam juga mengungkapkan bahwa total produsen cat dalam negeri sekitar 150 produsen dengan kapasitas sebesar 1.500.000 MT per tahun.