MALANG KOTA – Pelatihan tentang strategi pemasaran produk UKM yang diselenggarakan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kamis lalu (19/10) benar-benar dimanfaatkan oleh warga setempat.

Sejumlah kelompok masyarakat hadir dalam kegiatan tersebut. Mulai dari perangkat desa, tim penggerak PKK, kader PKK, kelompok Program Keluarga Harapan (PKH), KPM Desa Ngroto dan Pujon Lor, serta dihadiri ibu kepala desa. Antusiasme terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir dan dari intensitas tanya jawab yang interaktif antara para peserta dengan pemateri (pendamping).

Selain itu, LPM STIE Malangkucecwara mendirikan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga). Ini adalah wadah yang dibuat STIE Malangkucecwara dan diharap bisa menjadi jembatan penyambung antara dosen/ahli dengan masyarakat setempat yang ingin serius dalam merintis serta mengembangkan usaha.

”Melalui Posdaya ini, biasanya tim LPM STIE Malangkucecwara memberikan berbagai pelatihan terkait pengembangan kegiatan usaha masyarakat,” kata Prof Dr Muslichah, ketua Tim Posdaya Perintis STIE Malangkucecwara.

Menurut dia, selain membawa dampak positif bagi masyarakat, program pelatihan ini bisa menjadi ajang bagi para dosen/ahli dari STIE Malangkucecwara yang terkait untuk meng-influence masyarakat dengan ilmu serta keahlian yang dimilikinya. Program ini pun sejalan dengan misi kerja pemerintah dalam pengentasan kemiskinan melalui ekonomi kreatif berbasis usaha kecil dan menengah kemasyarakatan.

Sementara itu, Kepala Desa Ngroto Prayogi mengutarakan, dari kegiatan ini dapat memberikan bekal pengetahuan dasar kepada masyarakat penerima bantuan PKH dalam merintis atau mengembangkan UMKM. ”Kami sangat berterima kasih kepada STIE Malangkucecwara,” katanya.

Pewarta: Kholid Amrullah
Penyunting: Kholid Amrullah
Copy Editor: Indah Setyowati