SPP SMA Sederajat Negeri dan Swasta Gratis, Ortu Malah Pesimis

KOTA MALANG – Program penggratisan SPP untuk jenjang SMA dan SMK baik negeri maupun swasta se-Jawa Timur menuai beragam respon dari masyarakat Kota Malang. Tak hanya respon positif, namun respon negatif juga banyak terlontar.

“Dibilangnya gratis, tapi nanti ada yang harus dibayar secara mendadak. Soalnya biasanya seperti itu,” papar Mujiati salah satu warga Polehan. Ia mengaku menyambut baik kabar tersebut, namun ia juga memprediksi tetap akan keluar biaya bersifat dadakan yang berasal dari sekolah.

Hal senada diungkapkan oleh Syafiudin warga jalan gadang ketika diwawancarai oleh radarmalang.id. “Biasanya hal semacam ini jarang diberitahukan oleh beberapa sekolah terutama swasta. Sehingga kami kurang paham jika terdapat program dari provinsi seperti ini,” tegasnya.

Diwawancarai secara berbeda, Eka Mulyana mengaku sangat terbantu dengan adanya program SPP gratis bagi jenjang SMA dan SMK sejawa timur. Hanya saja Eka berharap, pemerintah melakukan pengawasan ketat agar hal tersebut tidak disalahgunakan.

“Tentu kami masyarakat kecil sangat terbantu. Namun kami juga berharap pemerintah bisa terus mengawasi hingga ke kalangan bawah khisusnya pada sekolah swasta. apakah subsidi SPP sudah turun dengan nominal yang sama sehingga bisa mengurangi biaya dadakan untuk masyarakat kecil seperti kami,” tandasnya.



Pewarta : Choirul Anwar
Foto: Dok JPRM
Penyunting: Fia