Sport Tourism lewat Fun Run 5K

MALANG KOTA – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Malang punya gebrakan di tahun ini. Yakni, menggelar Malang Fun Run 5 K. Ajang hasil kerja sama dengan Komunitas Lari Malang Raya (Kolamara) itu bakal digelar pada 13 Oktober 2019.

Ini bukan fun run seperti biasanya. Akan ada konsep berbeda. Yakni, gabungan olahraga dan wisata (sport tourism). Para peserta akan melintasi rute-rute yang mengandung nilai wisata.

Di antaranya, di Kampung Warna-Warni Jodipan, Kampung Tridi atau Kampung Biru Arema. ”Para runners (pelari) bisa menikmati keindahan dan ikon-ikon Kota Malang,” ujar Dony Setiawan Saputro, ketua pelaksana Malang Fun Run 5K kemarin.

Tak hanya itu, rute yang start dari Balai Kota Malang itu nanti juga melewati sejumlah bangunan heritage, ikonik. Di antaranya, Gereja Tua Kayutangan, alun-alun, hingga Masjid Agung Jami’. Termasuk nanti semua peserta keliling masuk di dalam Stadion Gajayana.

Dony berharap, nantinya event ini juga bisa memberikan banyak manfaat untuk Kota Malang. ”Malang Fun Run 5K semoga bisa mendongkrak tamu hunian hotel, UKM-UKM, lalu kuliner. Pokoknya, selama event diharapkan ada peningkatan pendapatan daerah,” terang anggota komunitas Kolamara itu.



Di mencontohkan, event-event lari seperti di Bandung, Bali, Jogjakarta, sampai Jakarta yang terbukti bisa meningkatkan pendapatan daerah. Dony melanjutkan penjelasannya, nantinya peserta akan diganjar door prize yang hadiah totalnya Rp 75.000.000 dalam bentuk alat-alat elektronik seperti TV, mesin cuci, sampai kulkas. Sedangkan pendaftarannya dipatok biaya Rp 125.000.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dispora Kota Malang Eko Sri Yuliadi menambahkan, Malang Fun Run 5K ini merupakan ajang pemanasan untuk para runner sebelum terjun di Malang Marathon tahun depan. ”Event ini akan terus diselenggarakan rutin setiap tahun menjelang acara Malang Marathon,” imbuh Eko Sya.

Sebagai informasi, panitia Malang Fun Run 5K ini menargetkan di event nanti, ada 1.000 runner. Dan ajang ini mengkhususkan pesertanya berasal dari Indonesia, baik itu komunitas, pelari biasa, maupun atlet. Selain itu, nantinya event lari ini juga akan dikelola oleh race management andal dan tepercaya.

Dan rute Malang Fun Run 5K sendiri akan dimulai dari balai kota, kemudian menuju ke Stadion Gajayana untuk berlari di lintasan larinya, disambung ke wilayah Kayutangan lewat Jalan Basuki Rahmat, lalu dilanjutkan melintasi Jalan Merdeka Timur, Jalan Aris Munandar, Jalan Gatot Subroto, dan finis kembali di balai kota.

Pewarta : nr9
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib