Spirit Nasionalisme ala Smanesi

SINGOSARIPerayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 SMA Negeri 1 Singosari (Smanesi) terasa lebih istimewa di tahun ini. Dalam rangkaian acara yang digeber selama 5 hari itu, mulai Senin (13/8) hingga Jumat (17/8), dua momen besar mereka peringati sekaligus. Selain hari jadi sekolah, juga ada peringatan ulang tahun ke-73 Republik Indonesia.

Mengusung tema ”Blessing 2018 15 Ourfameland”, berbagai kegiatan diselenggarakan. Ada kegiatan penggalangan dana untuk gempa Lombok, pentas seni siswa, lomba antar kelas, hingga lomba tradisional. ”Semua kami gabungkan menjadi satu rangkaian. Ini agar kegiatan bisa meriah dan diikuti seluruh warga sekolah,” kata Kepala SMAN 1 Singosari Drs Teguh Pramono.

Beberapa misi diusung pihak sekolah di balik gelaran itu. ”Bakat siswa harus punya tempat untuk ditampilkan. Sekalian untuk refreshing siswa juga,” tambah Teguh. Misi lain juga diselipkan. Seperti di lomba tradisional. Dalam kegiatan itu, pihak sekolah ingin melibatkan siswa dalam upaya pelestarian budaya. ”Kami ramu lomba-lomba yang bermuatan budaya. Ini bagian dari meningkatkan pengetahuan dan cinta budaya,” imbuhnya.

Hiburan khusus pun sudah disiapkan pihak sekolah di ajang pentas seni. Beberapa bintang tamu sengaja didatangkan. Ada Kopipait Band, Iksan Skuter, DJ Twin Eve, dan DJ INO yang bakal menghibur ratusan siswa. Teguh menyatakan, sejumlah nama bintang tamu itu diakomodasi dari permintaan para siswanya.

”Nuansanya memang modern, jadi kami sesuaikan dengan keinginan siswa. Namun, nuansa nasionalisme juga tetap dijaga,” terangnya. Dia pun berharap, dim omen HUT ke-15, seluruh warga Smanesi makin bersemangat meraih sejumlah prestasi. ”Secara prestasi harus meningkat dari tahun sebelumnya. Kami harus bisa menjadi kepercayaan bagi masyarakat,” tandas dia.    

 

Pewarta: Hafis Iqbal
Penyunting: Bayu Mulya