Spektakuler! Parade Duta Kampus di PIONIR IX UIN Malang Dikelilingi Kembang Api

KOTA MALANG – Usai pembacaan ayat suci Al Quran dan penampilan marching band, giliran duta dari 58 PTKIN se-Indonesia unjuk diri di Pembukaan PIONIR (Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset) IX. Dari arah kiri panggung para duta yang berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan itu berjalan menuju kedepan panggung. Tak biasa, saat parade menuju panggung mereka dikelilingi kembang api yang telah disiapkan panitia.

“Aaaaaa keren,” celetuk salah satu kontingen sambil bertepuk tangan seakan takjub dengan kehadiran kembang api tersebut.

Masing-masing dari mereka menggunakan pakaian adat masing-masing. Menik-menik nian terutama saat duta perempuan melambaikan tangan, misalnya saja dari UIN Raden Intan Lampung yang mengenakan mahkota siger di kepalanya.

“Dan inilah duta dari UIN Mataram, UIN Raden Patah Palembang…,” kata MC, Jay menyebutkan satu persatu nama PTKIN yang akan berjuang di PIONIR IX.

Sementara itu pijaran lampu lighting tak henti-hentinya menyoroti mereka. Lighting warna hijau, merah, kuning, dan oranye bergerak-gerak di atas panggung. Dari sekian rangkaian acara, sesi inilah yang paling banyak mengundang teriakan histeris.



Usai menuju ke depan panggung, mereka berbaris rapi di atas panggung. Setelah itu kemudian dilakukan pembacaan janji atlet PIONIR IX.

Perlu diketahui, acara ini disaksikan oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim, Plt. Bupati Malang Sanusi, dan Rektor UIN Malang, Abd Haris. Setidaknya 3293 atlet PIONIR IX dari 58 PTKIN kini memadati Lapangan Utama UIN Malang.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia