Sowan ke Teten, Staf Milenial Presiden Diskusi soal Daya Saing UMKM

JawaPos.com – Lima staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari kalangan milenial sowan ke kantor Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, di Jakarta, Selasa (3/12). Mereka yakni Putri Indahsari Tanjung, Aminuddin Ma’ruf, Adamas Belva Syah Devara, Angkie Yudistia, dan Andi Taufan Garuda Putra.

Kedatangan kelima anak muda itu rupanya dalam rangka berdiskusi tentang peningkatan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Andi Taufan Garuda Putra mengatakan, sebelum bertemu Teten, para staf terlebih dahulu mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, membahas pembangunan UMKM di Indonesia.

“Oleh karena itu, hari ini kami bertemu Menteri Koperasi dan UKM untuk mengetahui gambaran besar yang akan dilakukan Kemenkop dan UKM ke depan. Sehingga, kami bisa mengakselerasi dan memastikan bisa men-deliver program-program pengembangan UMKM yang ada,” kata Andi, dilansir Antara, Selasa (3/12).

Para staf milenial ini berkomitmen membantu pemerintah dalam membangun segmen UMKM. Andi menjelaskan, mereka akan memetakan usaha-usaha mikro, kecil, dan menengah, baik yang ada di perdesaan maupun perkotaan.

Beberapa fokus mereka antara lain pengusaha muda, dan produk yang mempunyai kualitas pasar ekspor. “Kami akan susun target dan strateginya seperti apa dari masing-masing level usaha tersebut,” ucap lulusan Universitas Harvard di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat itu.

Menurut Andi, beberapa produk unggulan yang pasti digemari pasar mancanegara antara lain udang, tuna, dan kepiting. Dia berharap, kementerian/lembaga lain juga bersinergi untuk membangun UMKM di Indonesia.

“Semangatnya adalah spirit kolaborasi dan optimistis melihat ke depan. Kami optimistis ke depan UMKM akan memiliki kontribusi ekspor lebih besar lagi,” pungkasnya.