Sowan Gus Mus, Ganjar Bahas UU MD3

Sowan Gus Mus, Ganjar Bahas UU MD3

Calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Taj Yasin saat bersilaturahmi ke kediaman KH Musthofa Bisri di Rembang, Jumat (16/2).
(Istimewa)

RADAR MALANG ONLINE – Calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Taj Yasin bersilaturahmi ke kediaman K.H Musthofa Bisri di Leteh, Rembang, Jumat (16/2). Ketiganya berbincang soal undang-undang MD3 yang ramai diperbincangkan.

Dalam pertemuan di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin tersebut, Gus Mus mengomentari terkait pasal anti penghinaan parlemen. Dimana menurutnya anggota legislatif tak jauh beda dengan kepala pemerintahan atau kepala daerah. Artinya, mereka dilarang bersikap anti kritik. 

”DPR itu kan wakil rakyat, majikannya ya rakyat. Kalau tidak mau dikritik, ya jangan jadi wakil, lebih baik jadi rakyat,” terangnya. 

Kepada wartawan, Ganjar mengungkapkan inti pesan dari Gus Mus yang sebenarnya mengingatkan agar jika menjalankan birokrasi tidak fakir. 

“Simpel tapi makjleb. Mengingatkan akan ada selalu manusia yang butuh, jika kebutuhan tidak terpenuhi, maka yang muncul adalah perilaku yang buruk. Ini harus dihindari,” terangnya.  

Gubernur Jateng non aktif itu menegaskan bahwa kedatangannya ke Gus Mus bukan untuk membicarakan soal Pilgub 2018. Dari pengakuannya, ia memang selalu mampir ke kediaman kiai kondang tersebut jika berkunjung ke Rembang.

“Kebetulan hari ini Jumat, pas pengajian. Sekalian bersama Gus Yasin yang juga cucu Gus Mus. Ya kita ngopi-ngopi aja sambil cerita yang lucu-lucu,” paparnya. 

Diakuinya, perbincangan dengan Gus Mus hanyalah sekedar diskusi akan bagaimana menjalankan pemerintahan yang semestinya.

Ganjar juga menuturkan bagaimana cara Gus Mus menyampaikan pesan, yang menurutnya itu selalu tak biasa dan harus bisa ditafsirkan sendiri. 

“Ya seperti MD3 itu, jelekin DPR ya jelekin rakyat, soalnya kan itu wakil rakyat. Pesan politik yang enteng tapi harus diterjemahkan. Harus dewasa, harus bisa bawa diri,” jelasnya. 

Paska kunjungan itu, Ganjar kemudian langsung menuju Kabupaten Pati guna menghadiri Pawai Perayaan Imlek.


(gul/JPC)