Sony Siapkan Kejutan untuk PlayStation 5, Intip Bocorannya

JawaPos.com – Sony baru saja mengumumkan konsol game penerus PlayStation 4 yakni PlayStation 5 (PS 5). Sony juga memastikan bahwa musim liburan 2020 akan dipilih untuk merilis PS 5.

Selain memastikan nama dan waktu peluncuran konsol game tersebut, Sony juga menjanjikan bahwa PS 5 akan membawa beberapa pembaruan. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman resminya pada Rabu (9/10).

Jim mengatakan, Sony akan menambahkan sentuhan baru pada kontroler perangkat PS 5 yang akan dapat membawa pengalaman lebih dalam bermain game bagi pengguna. Jim menyebut ada dua fitur kunci kontroler baru pada PS 5.

Fitur pertama adalah adopsi haptic feedback serta inovasi yang disebut adaptive triggers untuk menambahkan sensasi baru dalam berbagai adegan game. Fitur tersebut akan menggantikan teknologi rumble atau gemuruh yang ditemukan pada kontroler sebelumnya.



“Dengan haptics, Anda benar-benar merasakan jangkauan umpan balik yang lebih luas, sehingga menabrak tembok di mobil balap terasa jauh berbeda. Anda bahkan dapat merasakan berbagai tekstur saat berlari melalui padang rumput atau melewati lumpur,” ujar Jim.

Inovasi kedua adalah yang disebut adaptif triggers, yang telah dimasukkan ke dalam tombol pemicu (L2 / R2). Pengembang dapat memprogram resistensi pemicu sehingga gamer akan merasakan sensasi sentuhan saat menggenggam busur dan anak panah atau saat mempercepat kendaraan off-road melalui medan berbatu.

“Dalam kombinasi dengan haptics dapat menghasilkan pengalaman yang baru dan lebih baik dalam mensimulasikan berbagai tindakan. Pembuat game sudah mulai menerima versi awal dari kontroler baru dan kami tidak sabar untuk melihat imajinasi mereka pergi dengan fitur-fitur baru yang mereka miliki,” tandas Jim.

Seperti diketahui, PS 5 akan diluncurkan pada musim liburan 2020 atau tahun depan. Masih belum jelas kapan pastinya musim liburan tersebut dimaksud. Kendati begitu, banyak yang memprediksi konsol itu sudah bisa dibeli pada akhir 2020.

Mengingat konsol game Sony PlayStation generasi sebelumnya yakni PS 4 sudah cukup matang setelah diluncurkan pada 2013 lalu dan menjadi konsol game terlaris dari Sony, kehadiran PS 5 tentu layak ditunggu.