Solusi untuk Menanggulangi Fenomena LGBT di Malang Raya (2)

Jenis Homoseksual Ada Dua

Psikolog Dini Latifatun Nafi’ati SPsi MPsi mengupas akar masalah munculnya perilaku seks menyimpang. Alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang itu memetakan homoseksual menjadi dua. Yakni, homoseksual eksklusif dan fluktuatif. Untuk homoseksual eksklusif, kata Dini, yaitu perilaku tidak bisa menghindari ketertarikannya terhadap sesama jenis.

”Dia laki-laki, tapi tidak suka perempuan,” katanya.

Sedangkan homoseksual fluktuatif adalah perasaan suka sesama jenis muncul karena keterbatasan kehadiran lawan jenis. ”Solusinya, ya perlu keseimbangan pola asuh,” kata perempuan yang berdinas di RSSA Malang tersebut.

Keseimbangan pola asuh yang dia maksud adalah kehadiran peran ibu dan bapak harus seimbang. Sebab, anak usia 1–2 tahun belajar sosialisasi dengan lingkungan. Jika kesehariannya hanya melibatkan kebiasaan ibu, seperti dandan dan kebiasaan perempuan lainnya, perilakunya mengikuti sang ibu. Demikian juga sebaliknya.

”Terlalu dituntut hidup bersih juga berpengaruh terhadap anak. Sebab, si anak tengah proses identifikasi gender,” kata Dini kemarin.



Pewarta: Mahmudan
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Doli Siregar