Solo Traveling? Ini 6 Ide Foto Yang Bisa Kamu Coba!

ZETIZENID – Kalau biasanya traveling bareng teman, keluarga atau pacar selalu ada yang bisa dimanfaatkan jadi fotografer pribadi, solo traveling bakal memberikan tantangan berbeda.

Meski tanpa bantuan orang lain, perjalanan solomu harus tetap produktif menghasilkan banyak foto dong! Gak perlu khawatir, Zetizen udah siapin ide dan tip buat kamu yang ingin dapetin foto-foto unik ketika solo traveling. Let’s get down to the list!

1. Do A Window Selfie

Pengen nunjukin OOTD (Outfit of The Day) lewat foto, tapi sendirian. Mau minta tolong orang asing, tapi malu. Tanpa tripod dan selfie stick, kamu masih bisa kok punya swafoto yang unik. Dibandingkan mirror selfie, kamu bisa mencoba window selfie. Jendela toko, gedung pencakar langit, hingga kereta bisa jadi alternatif yang oke tuh!

2. Catch An Aesthetic Heritage

Menjadi turis di kota orang emang asik! Sayangnya, sebagai solo traveler, kamu gak akan bisa berfoto di depan candi bersejarah atau berpose di samping patung kuno. It’s ok! Kamu bisa mengabadikan kearifan lokal tersebut tanpa dirimu, kan? Jangan tersinggung, hasilnya malah akan terlihat lebih estetik!

3. Snap A Beautiful Scenery

Salah satu tujuan traveling pastinya untuk refreshing dan menikmati pemandangan sekitar. Tapi, gak ada salahnya kok kamu berhenti menatap dan mengabadikan pemandangan indah tersebut. Pastikan kamu datang di momen yang tepat ya, seperti sunrise hour di gunung, sunset hour di pantai, dan golden hour di daerah keramaian atau perkotaan.

4. Include Your Favorite Book

Biar foto pemandanganmu gak membosankan, kamu juga bisa menyertakan buku favoritmu. Buku kumpulan quotes dengan ilustrasi menarik, majalah busana, atau bahkan traveling journal bisa kamu jadikan properti dalam foto perjalanan solomu. Hasilnya? Foto akan lebih ‘hidup’!

5. Do The “From Where I Stand”

Cari yang lebih kreatif? Gaya berfoto From Where I Stand (FWIS) ini bisa kamu jadikan alternatif untuk membagikan solo traveling story-mu. Misalnya aja, di setiap lokasi yang kamu pijak, kamu bisa mengambil foto FWIS ini untuk kamu satukan menjadi sebuah video. Menambahkan atribut pelengkap seperti dedaunan dan genangan air juga bisa menambah estetika foto lho!

6. Stock Some Flatlay Photos

Di sela-sela agenda perjalanan, bikin flatlay photos bisa jadi opsi menarik buat menambah stok foto. Kamu bisa sekaligus bikin konten ‘What’s Inside My Traveling Bag’ atau ‘Traveling Starter Packs’ ala kamu. Menambahkan koleksi foto polaroid juga boleh kok!

Pewarta: Ananda Triana
Penyunting : Fia
Foto: Istimewa