Solidaritas Bela Wartawan Radar Bogor Sempat Dihalangi Polisi

Solidaritas Bela Wartawan Radar Bogor Sempat Dihalangi Polisi

RADAR MALANG ONLINE – Massa dari beberapa insan pers melakukan aksi solidaritas di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6) pagi. Aksi itu digelar terkait serangan kader PDIP di kantor Radar Bogor pada Rabu (30/5) dan Jumat (1/5).

Massa aksi terdiri dari Forum pekerja media yang terdiri dari Serikat Pekerja Media (FSPM) Independen, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Serikat Pekerja Lintas Media (SLPM) Jakarta, dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers.

Pantauan RADAR MALANG ONLINE, sekitar pukul 09.15 WIB massa berjumlah kurang dari 15 orang mulai beraksi. Baru 10 menit menggelar aksinya pihak Kepolisian pun mulai meminta massa berpindah ke arah Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Massa melakukan lobi dengan polisi agar diizinkan melakukan aksi di Bunderan HI, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6) (Reyn Gloria/ RADAR MALANG ONLINE)

Tetapi hal tersebut, nampaknya tidak menyurutkan semangat massa. Sempat terjadi lobi antara Kapol Pos Bunderan HI, H Darwin dengan Ketua FSPM Independen, Sasmito.”Minta tolong jangan lah, enggak boleh kayak anak baru aja. Ke patung kuda aja. Kita sama-sama tetib saja lah,” kata Darwin di Bunderan HI, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6).



Penggerudukan terhadap Kantor Radar Bogor yang dilakukan simpatisan PDIP Bogor kembali terjadi pada Jumat, 1 Juni 2018. Bahkan aksi yang dilakukan bertepatan dengan hari lahir Pancasila kemarin didampingi tokoh PDIP, termasuk di antaranya anggota Komisi VIII DPR-RI Diah Pitaloka.

“Simpatisan PDIP itu juga melakukan aksi yang sama pada Rabu 31 Mei 2018. Aksi pertama ada pemukulan dan perusakan properti kantor. Maka dari itu kami mengecam tindakan itu,” ujar Sasmito.

(rgm/JPC)