Soft Marketing via Gojek, Kenapa Tidak?

ADA trik khusus yang disampaikan Sugiarto selama diskusi antarpelaku usaha di Radar Malang beberapa waktu lalu. Yakni, memanfaatkan soft marketing. ”Soft marketing ini melakukan promosi dengan halus seolah-olah tidak terasa jika itu promosi,” tutur pria berusia 32 tahun ini.

Selain harus belajar merangkai kalimat, cara mudahnya dengan menyalin link web untuk share di kolom YouTube atau kanal digital yang bisa disimak semua orang. ”Bahkan, bisa juga promosi gratis by Gojek,” kata dia.

Sederhananya, saat naik Gojek atau memesan Go Food biasanya konsumen akan memberikan rating dan mengisi kolom pesan untuk memberikan saran dan kritik. Sugianto menyarankan bisa memberikan link usaha di kolom komentar Gojek. ”Otomatis akan terbangun soft marketing dari mulut ke mulut,” imbuhnya.

Dia menyatakan, kurang lebih seribu UMKM yang tergabung di Gapura Digital Malang sudah berhasil menerapkan strategi ini. ”Saat ini, ada banyak akun UMKM Malang yang mendapatkan rating tinggi di seluruh kanal medsos. Akun jual beli,” jawab dia.

Paling utama, selain diikuti banyak followers di media sosial, pelaku usaha harus sadar bagaimana membedakan ciri konsumen lokal dan internasional. ”Kadang peminat dari negara luar banyak yang lebih suka searching Google,” sambung Sugianto.

Sementara itu, pria yang juga dosen ini menyatakan, pangsa dalam negeri lebih nyaman mencari barang lewat Facebook atau Instagram. Agar bisa tembus keduanya, dia menyarankan pelaku usaha wajib menaikkan peringkat mereka ke indeks teratas akun Google My Business.

”Caranya sama dengan upload media sosial, hanya rajin posting,” kata dia. Biarkan Google menganalisis sendiri hasil upload pelaku usaha untuk diranking secara otomatis.

Caranya, tetap posting foto minimal 1 sampai 3 foto dalam sehari. Sehingga, jadi lebih populer dan mudah ditemukan. ”Jangan hanya sekadar punya dan tercatat. Tapi juga berikan teknik optimasi, harus sering posting,” pungkasnya

Pewarta        : Sandra Desi
Copy Editor   : Amalia Safitri
Penyunting   :  Mardi Sampurno