Soal Perbaikan Sistem Zonasi PPDB, Ini Saran Praktisi Pendidikan

PPDB

JawaPos.com – Masalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selalu menjadi momok setiap tahun ajaran baru. Praktisi Pendidikan, Najeela Shihab mengatakan, pada prinsipnya niatan pemerintah untuk memperbaiki pendidikan patut diacungi jempol.

Terutama upaya untuk pemerataan pendidikan. Serta peningkatan kualitas guru.

Pendiri Sekolah Cikal ini menuturkan, PPDB sistem zonasi harus ditopang dengan kebijakan lainnya sehingga tidak bergulir tunggal.

“Pemerataan pendidikan memang penting tetapi enggak bisa cuma satu kebijakan saja. Harus dilihat kebijakan lain. Misalnya redistribusi guru, perbaikan mutu sekolah, dan perlu ada keterlibatan orang tua dan muridnya,” katanya kepada JawaPos.com, Minggu (15/7).



Najeela menegaskan orang tua tak bisa sepenuhnya disudutkan atau dianggap sebagai pihak yang salah. Justru fokus sekarang adalah upaya saling mengoreksi, memperbaiki sistem yang ada sekarang.

“Saya cenderung menghindari menyalahkan orang tua murid. Enggak bisa juga salahin orang tua. Niatan baik orang tua carikan yang terbaik untuk anaknya apa saja dilakukan. Meskipun perlu ada pembinaan agar punya nilai-nilai kejujuran,” jelasnya.

“Semua elemen harus duduk bareng, membantu pemerintah mencarikan solusi terbaik,” lanjut dia.

Najeela menegaskan bahwa ada sejumlah catatan penting bagi pemangku kepentingan. Di antaranya dampak terhadap anak. Secara psikologis, ada kekhawatiran anak sedikit tak nyaman soal pilihan sekolah.

Sebab, mereka terbentur dengan jarak untuk mendapatkan sekolah yang diinginkannya.

“Padahal anak punya kemampuan akademis yang tinggi. Ini yang harus menjadi evaluasi bersama. Kemendikbud harus merumuskan lebih detail mengenai zonasi ini,” tambah dia.

“Anak masuk sekolah di pilihan zonasi, bukan pilihan hatinya. Bahkan misalnya anak cerdas tapi berada di lingkungan pemukiman miskin. Maka dia masuk ke sekolah di daerah itu yang kualitasnya enggak optimal. Nah efek-efek negatif ini yang harus diminimalisir,” tutupnya.

(ika/JPC)