Soal Ekonomi, Sutiaji Sarankan Kolaborasi Muhammadiyah-NU

MALANG KOTA – Syawal Expo 2017 yang digelar Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang dengan menyuguhkan berbagai produk rakyat mendapat apresiasi dari Wakil Wali Kota Malang Sutiaji. Ekonomi kerakyatan yang diusung Muhammadiyah dinilai bisa menjadi embrio untuk mendongkrak perekonomian nasional.

Sutiaji menyatakan, salah satu permasalahan yang mengimpit pengusaha kecil adalah permodalan. Tapi, dengan keberadaan komunitas ekonomi kerakyatan, Sutiaji optimistis jika persoalan permodalan bisa diatasi.

”Pemerintah wajib hadir melaksanakan tugasnya agar ekonomi kerakyatan bisa tumbuh dan berkembang,” ujar Sutiaji dalam sambutannya di pembukaan expo di Gelanggang Olahraga (GOR) Ken Arok kemarin (29/7).

Sutiaji menyatakan, pembangunan ekonomi kerakyatan harus dibangun dari semua lini. ”Organisasi seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) bisa berkolaborasi maupun menciptakan peluang baru dalam persaingan pasar yang ada sekarang ini,” imbuhnya.

Sutiaji berharap, Syawal Expo yang digelar PDM Muhammadiyah terus bergulir di tahun berikutnya. Sebab, hasil dari expo tersebut dapat dikembangkan dalam struktur keorganisasian.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang Abdul Haris menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian halalbihalal Muhammadiyah Kota Malang. Dengan mengusung tema ”Menatap Masa Depan Menuju Kota Malang Bermartabat dan Berkemajuan”, kegiatan tersebut diharapkan dapat berkontribusi untuk Kota Malang.

”Terpenting, kegiatan ini untuk memperkuat ukhuwah islamiyah dan menjalin silaturahmi dengan masyarakat,” terangnya.

Haris menjelaskan, Syawal Expo 2017 menyuguhkan 120 stan. Masing-masing stan menyuguhkan berbagai produk rakyat. Mulai dari kuliner hingga fashion.

Pewarta: Fajrus Shiddiq
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Fajrus Shiddiq