SMPN 4 dan SMPN 6 Kota Batu Tambah Rombel di PPDB 2019

Suasana PPDB SMPN di SMPN 1 Kota Batu (ilustrasi)

KOTA BATU – Hari ini (19/7) merupakan akhir pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN di Kota Batu. Delik masalah jumlah SMPN yang tidak merata di setiap kelurahan membuat sebagian siswa daerah tertentu pesimis akan diterima. Seperti kelurahan Gunungsari, Pendem, hinga Tlekung, yang jauh dari SMPN sekitar. Sebagai contoh Kelurahan Pendem yang masuk zonasi SMPN 6 Kota Batu saja jaraknya kurang lebih 5,1 km.

Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batu membuka kuota tambahan jalur zonasi khusus untuk peserta didik Kelurahan Pendem, Bumiaji, Dadaprejo, Gunungsari, Sumberejo, Pesanggrahan, Songgokerto, Oro-oro Ombo, dan Tlekung. Penambahan kuota ini berlaku di SMPN 4 dan SMPN 6 Kota Batu. Masing-masing sekolah tersebut maksimal menerima 2 rombel. Satu rombel terdiri dari 30-32 kursi.

“Keputusan ini untuk mengakomodir desa terluar yang tidak terjangkau. Ini disampaikan disampaikan Bu Kadis (kepala dinas). Hari ini belum ketemu beliau apakah memang kebijakan itu pasti dilaksanakan,” terang Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kota Batu, Endro Wahjudi.

Untuk SMPN 4 Kota Batu dibuka bagi peserta didik Gunungsari, Sumberejo, Pesanggrahan, Pesanggrahan, Songgokerto, Oro-oro Ombo, dan Tlekung. Jumlah pagu zonasi semula 221, bila ditambah 2 rombel maksimal berarti maka ada penambahan kursi 64. Sehingga total pagu menjadi 285 kursi.

Sedangkan untuk SMPN 6 Kota Batu diperuntukkan bagi peserta didik dari Kelurahan Pendem, Bumiaji dan Dadaprejo. Kuota semula sekolah ini adalah 188 kursi. Jika ditambah kuota maksimal 2 rombel sebanyak 64 kursi. Maka kursi total dengan penambahan kuota menjadi 252.



Seleksi kuota tambahan tersebut akan dilaksanakan secara proporsional dengan tetap mempertimbangkan jarak domisili ke sekolah. Pendaftaran dilaksanakan mulai hari ini (19/6) pukul 12.00 – 15.00 sampai Kamis (20/6) pukil 08.00 – 12.00.

Calon peserta didik wajib membawa dan menyerahkan tanda bukti pendaftaran PPDB jalur zonasi dari sekolah sebelimnya (fotokopi atau asli) pada saat di pendaftaran sekolah yang dituju sesuai zona. Pengumuman penerimaan Jumat (21/6).

Hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari Kepala Disdik Kota Batu Eny Rachyuningsih apakah rencana ini akan ditetapkan menjadi keputusan resmi.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Mochamad Sadheli